Benteng Kuta Lubok Aceh

0 352

Lokasi Benteng Kuta Lubok Aceh

Terletak di Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar dan kamu bisa mengikuti sisa-sisa peninggalan benteng Kuta Lubok.

Sejarah Benteng Kuta Lubok Aceh

Pada zaman perang dahulu kala, sebuah benteng memiliki peran yang sangat besar bagi kehidupan banyak masyarakat. Begitu juga ketika kamu berwisata di Aceh, tepatnya di Kuta Lubok, sebuah bukit dengan ketinggian mencapai 40 meter di atas permukaan laut, yang menjadi aset Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Sebuah benteng yang berdiri pada Abad ke-12 Masehi yang bernama Kuta Lobok menyimpan banyak cerita. Benteng Kuta Lubok merupakan bagian dari kerajaan Lamuri yang merupakan kerajaan pertama Islam di Nusantara serta menjadi awal lahirnya kerajaan Islam Darussalam di Aceh.

Hingga saat ini benteng Kuta Lubok masih menjadi bahan penelitian bagi beberapa arkeolog untuk mengetahui asal muasalnya. Namun, temuan awal mengungkapkan bahwa benteng ini adalah benteng tertua yang didirikan pada masa Kerajaan Lamuri (diyakini sebagai Lamreh sekarang) yang merupakan kerajaan tertua di Aceh.

Benteng Kuta Lubok sendiri kini hadir dalam kondisi yang tidak terawat sama sekali. Ilalang tinggi mengerumuni kawasan benteng yang membuatnya terlihat begitu kotor. Meskipun begitu, jika kamu berkunjung ke tempat ini, masih akan menemukan sisa benteng yang berbentuk huruf L.

Pada bagian tengah kamu masih bisa melihat sisa benteng yang masih kokoh. Beranjak ke bagian Barat, terdapat sebuah bangunan berbentuk huruf O. Uniknya, diatas bangunan ini terdapat pula sebuah pohon tinggi menjulang dengan akar-akar yang besar menyebar dan membuat keindahan bangunan ini menjadi hilang.

Meskipun tidak terawat, para peneliti masih akan melanjutkan tugasnya mencari tahu tentang sejarah benteng Kuta Lubok. Selain itu, peneliti juga terus mengajak pihak pemerintah untuk “mengamankan” tempat ini sebagai salah situs sejarah dan juga objek wisata.

Source Benteng Kuta Lubok Aceh aceh
Comments
Loading...