Situs Gedung Juang Aceh

0 269

Lokasi Gedung Juang Aceh

Letak Gedung Juang Banda Aceh terbilang sangat strategis, berada di  tengah kota, tepatnya di Jalan Sultan Alaidin Mansyur Syah, Kota Banda Aceh.

Gedung Juang Aceh

Gedung Juang adalah gedung tua dengan arsitektur Belanda adalah salah satu simbol perjuangan berdirinya Republik Indonesia. Di sinilah sang saka merah putih pertama kali dikibarkan setelah kemerdekaan diproklamirkan. Gedung dibangun oleh Pemerintah Belanda tahun 1883, hampir seangkatan dengan selesainya pembangunan Pendopo yang berada di seberangnya. Dibangun dengan beton kokoh dan kayu bermutu tinggi, gedung ini dulunya difungsikan sebagai Kantor Gubernur Belanda. Gedung Juang atau dikenal juga dengan Gedung Badan Pembina Rumpun Iskandar Muda (Baperis). Kiri kanannya dipenuhi makam-makam Sultan Aceh, termasuk Sultan Iskandar Muda.

Ketika Jepang masuk ke Aceh pada 1942, gedung ini dijadikan kantor pemerintahan militernya atau Residen Aceh (Shu-chokan). Di sinilah rakyat Aceh mengibarkan bendera Merah Putih pertama kali pada 24 Agustus 1945, usai mendapat kabar Soekarno-Hatta memproklamirkan Indonesia. Pengibaran bendera dilakukan setelah terlibat bentrokan dengan Pasukan Jepang.

Paska-kemerdekaan gedung ini sempat difungsikan sebagai kantor Baperis, organisasi tentara yang bertugas mengelola Museum Aceh saat dipindahkan dari Blang Padang ke komplek Pendopo tahun 1969. Sejak itu bangunan ini disebut Gedung Baperis. Gedung terdiri dari tiga kamar dan satu aula ini sekarang dijadikan Markas Daerah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Aceh, serta kantor Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PPABRI).

Area gedung ini rimbun dengan pepohonan berusia ratusan tahun. Di atas pintu masuk, tertulis ‘Udep Saree Matee Sjahid’slogan penabuh semangat perang rakyat Aceh yang dalam bahasa Indonesia artinya hidup bersatu atau mati syahid. Di depannya berjejer peralatan perang peninggalan Belanda.

Source Gedung Juang Aceh Aceh
Comments
Loading...