Makam Laksamana Malahayati Aceh

0 357

Lokasi Makam Laksamana Malahayati

Makam ini terletak di Desa Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Makam Laksamana Malahayati

Perlu anda ketahui bahwa Keumala Hayati atau yang lebih dikenal dengan nama Laksmana Malahayati merupakan seorang pemimpin angkatan laut wanita pertama pada masa kepemerintahan Sultan Iskandar Muda. Laksamana Malahayati dikenal dengann kemiliterannya pada masa Kerajaan Aceh Darussalam yang pada saat itu Kerajaan Aceh Darussalam di pimpin oleh pemerintaha Sultan Alaiddin Ali Riayat Syah IV, beliau merupakan anak dari Laksamana Mahmudsyah. Jiwa kepemimpinan tersebut diturunkan oleh ayahnya sendiri yang merupakan seorang Laksamana pada waktu itu. Malahayati kecil sering diajak ayahnya pergi dengan kapal perang. Pengenalannya dengan kehidupan laut itu kelak membentuk sifatnya yang gagah berani dalam mengarungi laut luas.

Selain berkedudukan sebagai Kepala Pengawal Istana, Malahayati juga seorang ahli politik yang mengatur diplomasi penting kerajaan. Dalam suatu peristiwa pada tanggal 21 Juni 1599, kerajaan kedatangan dua kapal Belanda, Deleeuwdan Deleeuwin dibawah pimpinan dua orang kapten kapal bersaudara, yaitu Cornelis dan Frederik de Houtman (Tim P3SKA, 1998:19). Maksud kedatangan mereka adalah untuk melakukan perjanjian dagang dan memberikan bantuan dengan meminjamkan dua kapal tersebut guna membawa pasukan Aceh untuk menaklukan Johor pada tanggal 11 September 1599.

Beliau sangat pemberani dan menjadi tokoh penting yang pernah menjabat sebagai Kepala Barisan Pengawal Istana tahun 1585-1604, selain itu beliau juga merupakan seorang ahli politik yang pada saat itu mengatur diplomasi penting kerajaan. Dan banyak lagi perjuangan-perjuangan yang dilakukan Malahayati hingga beliau disebut dengan nama Laksamana Malahayati. Dari Makam Laksamana Hayati kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah yaitu pegunungan Bukit Barisan dan Teluk Krueng Raya.

Source Makam Laksamana Malahayati Aceh Aceh
Comments
Loading...