Makam Sunan Giri Gresik

0 230

Makam Sunan Giri Gresik

Lokasi makam ini  berada pada perbukitan tepatnya di Desa Giri, Kebomas, Gresik Jatim. Untuk jalur menuju Makam Sunan Giri Gresik, pengunjung dapat memakai tiga akses untuk  masuk, yang pertama dari arah Masjid Sunan Giri, yang kedua dari undakan tengah yaitu melewati Patung Naga berukuran besar, serta  yang terakhir yaitu dari arah Makam Sunan Prapen.

Pada bangunan ini terlihat  di sebelah kiri yaitu makam Sunan Dalem atau juga di kenal dengan Zaenal Abidin yaitu putera pertama dari Sunan Giri. Lalu untuk Makam Sunan Giri sendiri berada di sebelahnya. Sunan Giri merupakan putera pasangan dari Maulana Ishaq dengan Dewi Sekardadu, putri Prabu Menak Sembuyu, dia adalah penguasa Blambangan. Tambahan yang terdapat pada bagian luar Makam Sunan Giri Gresik yaitu motif  lengkung simetris dan repetitif pada fondasi batuan putihnya, serta dinding gebyog kayu dengan ornamen ukiran yang sangat bagus.

Pada hari libur, makam ini akan dipenuhi para pengunjung dari berbagai daerah di Nusantara. Pada bagian atas saat masuk bagian terdalam pada Makam Sunan Giri nampak terlihat ornamen atau hiasan – hiasan seperti kala dengan dua taring runcing yang mencuat ke atas, serta di jaga oleh 2 naga dengan mulut menganga di sisi kanan kiri pintu. Hiasan atau ornamen ini merupakan perpaduan antara berbagai kesenian jawa dan tiongkok.

Pengunjung yang datang ke makam ini selalu berdoa dan membaca surat yasin di tepat pada makam Sunan Giri Gresik. Biasanya alas kaki yang di bawa pengunjung selalu di lepas saat berada di dekat makam. Dulu saat Sunan Giri lahir, di ketahui bahwa Sunan Giri ini membawa wabah penyakit, pada saat itu pula Prabu Menak Sembuyu menyuruh putrinya untuk membuang dan menghanyutkannya di Selat Bali.

Joko adalah nama kecil dari Sunan Giri. Nama dari Sunan Giri ini juga sering di hubungkan dengan lagu atau tembang jawa seperti Lir – Ilir, Cublak Suweng yang sekarang sudah tak asing di telinga masyarakat.

Source Makam Sunan Giri Gresik Makam Sunan Giri Gresik
Comments
Loading...