Kerajan Pajang Jawa Tengah

0 154

Kerajan Pajang Jawa Tengah

Kerajaan Pajang yang merupakan kerajaan kelanjutan dari KerajaanDemak. Pendirian awal tahun 1549, Pada tahun 1568 Hadiwijaya Adipati Jawa Timur dipertemukan di Giri Kedaton oleh Sunan Prapen.

Pada tahun 1582 terjadilah perang Pajang dan Mataram yaitu Tumenggung Mayang dengan masalah  hukum buang ke Semarang oleh Hadiwijaya kepada sang tumenggung. Perang ini pada akhirnya  dimenangkan pihak Mataram,walaupun  pasukan Pajang berjumlah lebih besar.

Sedangkan pada tahun 1586 Pangeran Benawa bersekutu dengan Sutawijaya menyerbu Pajang. Kerajaan Pajang ini merupakan kerajaan yang pertama ada setelah kerajaan muslim. Pada Kerajaan Pajang ini  memiliki relief yang bagus yang juga bertingkat dan memiliki jendela di setiap ruangan di kerajaan tersebut.Temboknya yang di bangun pada zaman dahulu warna nya masih kemerah-merahan juga.

Pada kerajaan ini terdapat sebuah  kolam.Kerajaan ini sekarang di jadikan situs budaya yang menjadi sumber wawasan bagi orang yang berkunjung di kerajaan ini. Bangunan yang sekarang masih di jaga dengan baik dan selalu di rawat memacu para wisatawan baik dari dalam kota hingga luar pergi ke peninggalan situs budaya   ini.

Source Kerajan Pajang Jawa Tengah Kerajan Pajang Jawa Tengah
Comments
Loading...