Situs Candi Palangka Riau

0 301

Situs Candi Palangka

Candi Palangka terletak di kompleks Candi Muara Tikus, tepatnya 3,85 m sebelah timur Candi Mahligai. Bangunan ini terdiri dari batu bata merah yang tidak dicetak. Candi Palangka merupakan candi yang terkecil, relung – relung penyusunan batu tidak sama dengan dinding Candi Mahligai. Dulu sebelum dipugar bagian kakinya terbenam sekitar satu meter. Candi Palangka mulai dipugar pada tahun 1987 dan selesai pada tahun 1989.

Candi Palangka ini berdasarkan penelitian, dahulu diperkirakan dipakai sebagai altar. Bangunan yang tepat berada di bagian timur Candi Mahligai ini mempunyai ukuran 5,1 x 5,7 meter dengan ketinggian yang mencapai 2 meter. Bentuknya sedikit unik karena tidak begitu tinggi dan bagian atasnya sangat datar dan lebar. Melihat dari bentuknya memang cukup masuk akal jika dipercaya pada masa lalu bangunan ini digunakan sebagai altar pemujaan.

Pemugaran dilaksanakan hanya pada bagian kaki dan tubuh candi, karena bagian puncaknya yang masih ditemukan pada tahun 1860 sudah tidak ada lagi. Dibagian sebelah utara terdapat tangga yang telah rusak, sehingga tidak dapat diketahui bentuk aslinya. Kaki candi berbentuk segi delapan dengan sudut banyak, berukuran panjang 6,6 m, lebar 5,85 m serta tingginya 1,45 m dari permukaan tanah dengan volume 52,9 m3. Candi Palangka, Bangunan ini terdiri dari batu bata merah yang dicetak, Candi ini merupakan candi yang terkecil.

Source Situs Candi Palangka Situs Candi Palangka
Comments
Loading...