Candi Jawi Pasuruan

0 119

Candi Jawi Pasuruan

Candi  Jawi ini merupakan candi yang ada di Jawa Timur,Pasuruan . Candi ini  di bangun sekitar abad ke 13.  Pada saat itu Candi Jawi merupakan tempat pemujaan atau tempat peribadatan Hindhu Buddha, yang sebenarnya merupakan tempat pedharmaan atau penyimpanan abu yang berasal dari abu raja Singasari yang ada di kertanegara.

Ada pendapat bahwa kawasan Candi Jawi dijadikan basis oleh pendukung Kertanegara. Pendapat yang  ini timbul dari kisah sejarah bahwa saat Dyah Wijaya, yang merupakan  menantu Kertanegara, melarikan diri setelah Kertanegera dikudeta raja bawahannya, Jayakatwang. Pintu dari candi yang satu ini  menghadap ke timur. Candi Jawi ini memiliki luas yang banyak yaitu sekitar  40 x 60. Posisi pintu ini oleh sebagian ahli dipakai alasan untuk mempertegas  suatu  candi ini bukan tempat.

Relief  juga terdapat di  candi ini ,akan tetapi relief ini belum bisa dibaca. karena pahatannya yang terlalu tipis maupun kurangnya informasi pendukung. Adapun pintu gerbang candi, terletak di bagian  barat. Keunikan dari Candi Jawi yaitu batu yang dipakai sebagai bahan bangunannya terdiri dari dua jenis.yang terdapat batu hitam, sedangkan bagian atas batu putih.

Masa inilah diperkirakan penggunaan batu putih. Akan tetapi asal batu putih tersebut masih dipertanyakan, sebab kawasan yang termasuk kaki Gunung Welirang kebanyakan berbatu hitam, dan batu putih hanya banyak dijumpai di daerah pesisir utara Jawa atau Madura.

Peninggalan  ditemukan di Candi Jawi yang berupa arca-arca telah dipindahkan,kebanyakan besar ke Museum, dan sebagian ke tempat komersial. Arca candi Jawi yang disimpan di Hotel Tugu Park, Malang, sebagai contoh, memang terawat baik, akan tetapi  dianggap tercabut  historis dan ritualitasnya. Pemindahan Candi Jawi yang berupa arca-arcanya mendapat banyak kritik dari sejarawan dan masyarakat setempat, Yaitu yang di sebabkan pada satu sisi memang tepat untuk menghindarkan dari hal-hal yang tidak berkenan misalnya dengan atau terhadpa adanya pencurian pemindahan ini dianggap dapat mengurangi substansi sejarah peninggalan tersebut sehingga menjadi tidak lengkap.

Source Candi Jawi Pasuruan Candi Jawi Pasuruan
Comments
Loading...