Candi Jago Malang

0 105

Candi Jago Malang

Candi yang satu ini yaitu candi yang bertempat di Dusun Jago Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang  Jawa Timur, atau juga dapat di tempuh dengan jarak 22 km dari kota Malang. Dahulunya candi ini yaitu pernah  tersambar petir sehingga hanya tersisa sebagian saja sehingga ini merupakan yang membuat candi yang satu ini unik.Pada candi ini juga ada arca Manjusri yang sekarang di simpan di  museum nasional.

Candi Jago ini juga memiliki penyangga yang sebanyak 3 buah, atapnya yang sebagian sudah terbuka yang para orang dahulu menganggap bentuk atap ini yaitu pagoda tetapi ini baru perkiraan mengenai bentuk atap dari candi ini. Ada juga cerita awal bintang yang di dapati pada sudut kiri candi jago yang di lukis pada bagian tempat ini. Ada pula kura-kura yang ada di bagian depan candi ini, ada dua kura-kura yang di terbangkan oleh angsa.

Hiasan dan relief pada kaki candi Jago Malang ini berupa cerita Kunjarakarna. Yang mana pada cerita ini bersifat dedaktif dalam kepercayaan Budha, yaitu yang mengisahkan tentang raksasa Kunjarakarna ingin menjelma menjadi manusia. Lalu menghadap Wairocana dan menyampaikan maksudnya. Diberi nasihat dan patuh pada ajaran Buddha, dan pada akhirnya keinginan itu terkabulkan. Yang terlihat pada candi Jago ini  pada badan adalah relief adegan Kalayawana, yang mana relief ini tidak sebanyak yang ada di bagian kakinya candi , yang ada di bagian badan candi yang ada hubungannya dengan cerita Kresnayana. Kisah relief di bagian badan tentang peperangan antara raja Kalayawana dengan Kresna. Dan pada bagian atap candi yang dikirakan dulu dibuat dari atap kayu/ijuk.

Hubungan antara Candi Jago dengan Kerajaan Singasari tercermin dari pahatan padma (teratai), yang menjulur ke atas dari bonggolnya. Motif teratai semacam itu sangat populer pada masa Kerajaan Singasari. Sejarah Candi Jago yaitu adanya kebiasaan raja-raja  dahulu candi-candi yang didirikan oleh raja-raja sebelumnya. Pada tahun 1343 M Candi Jago mengalami pembugaran atas perintah Raja Adityawarman dari Melayu.

Source Candi Jago Malang Candi Jago Malang
Comments
Loading...