Tugu Khatulistiwa Di Pontianak

0 100

Tugu khatulistiwa

Hanya ada 12 negara di dunia yang dilintasi garis khatulistiwa. Namun  ada 1 kota yang  memisahkan belahan bumi utara dan selatan, yakni Pontianak. Tepat di titik tersebut terdapat sebuah Tugu Khatulistiwa.

Tugu khatulistiwa merupakan sebuah monumen yang berada di pulau Kalimantan tepatnya Pontianak, Kalimantan Barat. Monumen ini menjadi sebuah monumen kebanggaan masyarakat yang tinggal dibawah garis nol derajat yang menjadi pemisah bumi bagian utara dan selatan. Tugu Khatulistiwa yang asli terbuat dari kayu belian (kayu besi, atau kayu ulin). Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter. Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR (bahasa Belanda yang berarti Equator) sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter. Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20′ OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur.

Keterangan simbol berupa anak panah menunjukkan arah utara – selatan (lintang 0 derajat). Selama ini, titik 0 derajat yg dilewati garis Khatulistiwa hanya ada di Pontianak, Kalimantan Barat. Namun, mulai 2014, akan ada empat titik baru yang tersebar dari bagian timur hingga barat Indonesia. Sebelumnya, pada Mei 2014 Roy juga meresmikan Tugu Khatulistiwa di Pulau Kawe, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Sedangkan berikutnya, akan tugu yang sama akan diresmikan di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Pontianak, dan berakhir di Bonjol, Sumatera Barat. Pontianak di bangun pada tanggal 31 maret tahun 1928 oleh Tim Ekspedisi Geografi Internasional yang di pimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda, yang dilakukan secara Astronomi, artinya bahwa Pengukuran yang mereka lakukan tanpa mempergunakan alat yang canggih seperti Satelit atau GPS, mereka hanya berpatokan pada garis yang tidak Smooth (garis yang tidak rata/atau bergelombang) serta berpatokan pada benda-benda alam seperti, rasi bintang (ilmu falaq).

Source Tugu khatulistiwa ini khatulistiwa, ini kota saya
Comments
Loading...