Situs Candi Gambar Wetan Blitar

0 214

Situs Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan, terletak di Desa Gambar Kec. Nglegok, Kab Blitar. Candi ini berjarak 19 km ke arah utara dari pusat kota Blitar. Candi ini di buka umum sudah sejak jaman Belanda dulu. Candi ini juga merupakan candi dai peninggalan Kerajaan Majapahit. Candi yang di namakan Gambar Wetan ini di karenakan lokasinya yang berada di Desa Gambar bagian wetan / timur. Jarak dari pemukiman warga sekitar 2,5 km. Jalan menuju ke sana masih berupa tanah yang sempit dan dapat diakses menggunakan elf, motor dan mobil. Daerah sekitarnya berupa perkebunan karet milik perkebunan dari BUMN.

Terdapat satu pohon pule yang besar dan banyak bunga mawar. Bunga mawar biasanya dipanen oleh pihak perkebunan. jenis wisata ini cocok untuk wisata keluarga, edukasi dan rekreasi bagi pelajar. Harga retribusi untuk masuk Rp. 3000 untuk dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak.namun sayangnya dengan segala potensi yang dimiliki candi gambar wetan perkembangan wisatanyya cenderung stagnant.

Candi ini terletak di bagian atas, untuk menuju candi ini dapat melalui tangga yang terbuat dari batu. Di tempat ini di sediakan bangunan kecil untuk istirahat para pengunjung dan penjaga candi. Di dalamnya ada sebuah bangunan kecil yang dinamakan Balekambang. Di bagian selatan bawah masih terdapat candi kecil. Sebenarnya banyak candi besar, akan tetapi terpendam oleh pasir danbatuan dari erupsi Gunung Kelud. Petugas mengetahui itu pada waktu melakukan penggalian dan cangkulnya mengenai sisi candi dan ditemukan arca. Penggalian pertama dilakukan pada tahun 1992.  Ada petugas paguyuban pelestari cagar budaya Blitar yang biasa dipanggil Pak Kas. Ia bertugas membersihkan candi.

Dapat di perkirakan bahwa candi ini ada sekitar tahun 1272 M. Candi ini juga pernah di survey dari pusat. Sebelum candi ini diresmikan menjadi situs purbakala oleh pemerintah,banyak orang yang mengambil relief dari Candi Gambar Wetan ini.sebagian dari bagian candi ada yang hilang tertimbun pasir erupsi Kelud ada juga yang diambil orang. Pada zaman Belanda, relief diambil untuk dijadikan pajangan di rumah Direksi Kebesaran. Namun, sekarang, patung relief diambil oleh pihak museum dan dimasukkan ke Trowulan. Tanah sekitar candi tergolong subur, namun sulit untuk mendapatkan air. Biasanya air didapat dari Kali Kuning.

Source Situs Candi Gambar Wetan Pariwisata Blitar
Comments
Loading...