Situs Candi Deres Di Jember

0 237

Situs Candi Deres

Candi deres merupakan candi yang terletak di Desa Purwoasri, Kec. Gumukmas, Kab. Jember Provinsi Jawa Timur. Candi ini merupakan sebuah peninggalan berupa reruntuhan. Bangunan ini dibuat dari batu bata  besar dan diyakini berasal dari batu zaman  Majapahit ,candi ini di topang dan di cengkeram oleh pohon beringin. Candi ini di temukan oleh mayarakat pada tahun 1980 – an silam. Kondisi dari candi ini sangat memperihatinkan karena sudah sangat parah . Pembuatan Candi ini tepat pada masa kejayaan  Raja Hayamwuruk ketika mengadakan perjalanan panjang keliling Jawa Timur pada tahun 1359 M dengan jarak tempuh sekitar 1700 km.

 

Pada kitab Negarakretagama yang di tulis oleh Mpu Prapanca di sebutkan bahwa perjalanan Hayam Wuruk yang di dampingi Ileh sebagai sastrawan istana ini telah melalui beberapa desa, yang sekarang nama dari desa pada zaman dulu belum berubah. Nama desa yang di maksud dalam deretan perjalanan tersebut adalah desa Kunir di Lumajang, Desa Basini di Jember, Desa Sadeng di Jember, Desa Bondoyudho di Lumajang, Desa Balung di Jember, Desa Sarampwan di Jember, dan terus menuju wilayah Tigang Juru atau sekarang disebut dengan wilayah ” tapal kuda “.

Dan tak menutup kemungkinan bahwa saat perjalanan singgah di sekitar Basini dan Sadeng disinilah Hayam Wuruk memulai pembangunan Candi Deres. Bahan yang digunakan untuk membuat candi ini adalah batu bata merah ukuran besar dengan kualitas pembakaran yang sangat baik sehingga mampu bertahan hingga sekarang. Ciri khas batu bata majapahit adalah guratan motif sulur memanjang dan melengkung seperti hasil guratan jari. Candi Deres termasuk peninggalan cagar budaya di Kabupaten Jember yang pengelolaannya di bawah BP3 Purbakala, Trowulan Mojokerto.

Source Situs Candi Deres Mlaku - Mlaku
Comments
Loading...