Situs Besole Tepi Kali Brantas Blitar

0 101

Situs Besole Tepi Kali Brantas Blitar

Masih seputar  tempat yang bersejarah.Situs Budaya yang terletak sekitar 10 km dari Pusat Kota Blitar. Ini bernama Situs Besole, Situs Besole terletak di Dusun Besole, desa Darungan, Kec. Kademangan, Kab. Blitar . Situs ini merupakan sebuah  bangunan kuno peninggalan masa klasik.Situs Besole berada tepat di sekitar rumah Mbah Keyang yang terletak di daerah Dusun Besole. Pada awalnya tanah di atas candi tersebut adalah sebuah pekarangan.

Menurut penuturan Mbah Keyang di tahun 2005, awalnya beliau ingin membuat sebuah kolam di pekarangan tersebut. Saat dilakukan penggalian kolam ternyata ditemukan semacam batu bata yang berukuran besar tertata menyerupai pondasi sebuah bangunan. Menurut penuturannya sebelum penggalian dimulai beliau bermimpi dililit ular Naga besar. Kemudian berita itu cepat menyebar dari mulut ke mulut hingga terdengar oleh pemerintahan setempat, baru di tahun 2008 dilakukan dua kali penggalian oleh Dinas Kepurbakalaan Jawa Timur sampai ke dalaman 3 meter pada sisi selatan, timur dan barat, sedang sisi utara belum dilakukan penggalian. Namun, hingga sekarang ini penggalian yang dilakukan belum juga rampung, karena ada beberapa masalah yang harus dihadapi. Selain faktor pendanaan, juga disebabkan posisi bangunan yang diperkirakan berada di bawah rumah warga setempat, catatan penting hasil penggalian tersebut menurut data Kepurbakanaan adalah ditemukan tembok reruntuhan.

Situs Besole terletak sekitar 100 m kearah selatan dari bibir Sungai Brantas.Situs Besole menghadap kearah barat dan sedikit menyerong kearah utara. Dilihat secara spesifik, situs Besole memiliki karakteristik yang unik. Letaknya berada di dalam tanah berbeda dengan candi lain yang letak dan wujud bangunannya dapat diketahui. Situs Besole dilihat dari dekat merupakan bangunan yang belum diketahui wujudnya.Situs Besole diperkirakan memiliki dinding yang sangat panjang, sampai sekarang masih belum diketahui sejauh mana panjang dinding dan wujud aslinya. Situs Besole tersusun dari batu bata sebagai bahan utama dan sedikit batu andesit pada bagian tertentu. Memiliki ukuran panjang 9 m dan lebar 6 m. pada saat ini bangunan situs berada di bawah tanah.Situs Besole terdiri dari tangga, dinding, dan pipi tangga.Tangga di Situs Besole terdiri dari delapan anak tangga. Bagian tangga pertama memiliki lebar 4,22 m dan tinggi 27 cm. Pada tangga ketiga lebarnya 2,66 m dan tinggi dari tangga sebelumnya 9,5 cm. Dari tangga keempat sampai dengan tangga kedelepan  mempunyai lebar dan tinggi sama, yaitu 2,66 m dan 22 cm.

Tangga ke dua sampai ke tujuh terbuat dari batu bata yang berukuran tiap batu batanya adalah 38 cm untuk panjang, 22 cm untuk lebar, dan 10 cm untuk ketebalannya. Tangga kesatu terbuat dari batu andesit.Di samping kanan dan kiri tangga terdapat pipi tangga yang berbentuk sulur gulung. Pipi tangga ini mempunyai  dan tinggi 1,28 m dari permukaan tanah. Namun tidak semua pipi tangga dapat diamati bentuknya.Diantara dua pipi tangga, hanya satu yang dapat diamati dengan jelas bentuknya. Dilihat dari samping, Situs Besole mempunyai tinggi dinding pada sisi kanan dan kiri yakni 1,28 m dari permukaan tanah. Tinggi dinding sama dengan tinggi pipi tangga.  Pada dinding, terdapat plipit-plipit yang merupakan hiasan konstruktif dan membentuk sebuah bingkai.Bingkai berada di tengah dinding situs yang berbentuk bujur sangkar dan permukaan dasar bingkai terletak lebih rendah dari permukaan plipit-plipit. Kemudian batu andesit hanya digunakan pada bagian tangga paling bawah. Bahan bata sebagai pembentuk bangunan situs berukuran : panjang : 38 cm, lebar: 22 cm dan tebal : 10 cm.

Source Situs Besole Tepi Kali Brantas D'Travellers
Comments
Loading...