Rumah Adat Panggang Pe Jawa Tengah

0 1.251

Rumah Adat Panggang Pe

Panggang pe  merupakan salah satu Rumah Adat Jawa Tengah. Bangunan yang  memiliki empat atau enam tiang, dengan separuh tiang yang berada di depan dan sengaja dibuat lebih pendek dari tiang bagian belakang. Rumah Pe merupakan salah satu rumah mayoritas penduduk Jawa Tengah pada zaman dahulu.

Selain sebagai tempat tinggal, rumah ini juga di gunakan sebagai  tempat untuk berjualan (Warung/Kios), Rumah Adat Penggang Pe ini terdiri dari  berbagai jenis  diantaranya adalah Panggang Pe Gedhang Salirang, Empyak Setangkep, Gedhang Setangkep, Cere Gancet, Trajumas, dean barengan.

Rumah Adat dengan berbagai macam tipe ini memiliki satu kesamaan yaitu adanya  kesatuan dua rumah Panggang Pe, Salah satu jenis Panggang Pe yakni  Tarajumas yang merupakan Rumah Panggang Pe yang terdiri dari enam tiang penyangga. Sedangkan tipe barengan merupakan dua atau lebih Rumah Panggang Pe yang berderet-deret dalam satu kawasan.

Rumah ini sebagian besar terbuat dari kayu dan genting dengan keaslian bangunan yang belum tercat, warna coklat pun menjadi warna dominan dari rumah adat ini sendiri. Selain itu jagak dalam bahasa jawa yang berarti sebuah pondasi agar rumah berdiri dengan kokoh dan tembok yang terbuat dari kumpulan kayu yang terbentang dengan ukiran rapi.

Rumah Adat Panggang Pe banyak ditemukkan di daerah Yogyakarta bahkan di rumah- rumah warga yang masih bernuansa zaman dahulu, selain Rumah Adat Joglo yang begitu dominan di Jogjakarta.

Source Rumah Adat Panggang Pe Nama-nama rumah Adat Jawa Tengah
Comments
Loading...