Keramat Gading Riau

0 17

Keramat Gading

Keramat Gading adalah sebuah nama makam pada sebuah lokasi yang disebut Tanjung Putri Gading. Ketokohan dari dimakamkan di sini tidak diketahui secara pasti, hanya saja penduduk sekitarnya mengkeramatkan makam ini. Makam tersebut berada pada sebuah perkebunan yang berbatasan dengan pantai sebelah barat-selatan dari Pulau Kundur. Letak makam berada di dalam cungkup bersama dengan 4 buah makam lainnya. Pada Makam Gading sendiri memiliki tiga pasang (6 buah) nisan dengan tipe yang berbeda.

Pada bagian tengah makam, yakni satu pasang nisan berbentuk pipih memanjang dan ukurannya lebih panjang dibanding 2 pasang nisan lainnya yang berbentuk gada. Penempatan 3 pasang nisan ada kemungkinan dihubungkan dengan kedudukan sosial dari yang dikuburkan pada masa hidupnya. Namun demikian menilik dari tipe nisan yang berbeda bisa jadi dalam satu jirat makam terdiri dari 3 jasad yang dikuburkan. Biasanya tipe nisan yang berbentuk pipih diperuntukan bagi jasad perempuan sedangkan tipe gada bagi jasad laki-laki. Menilik dari bahannya dan pembuatannya, nisan ini merupakan nisan pengganti yang dibuat dari batu granit yang masih relatif baru. Jirat makam dari keramik berwarna putih. Di luar cungkup dari Keramat Gading merupakan kompleks pemakaman umum.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Karimun.pdf
Comments
Loading...