Stasiun Kereta Api Serang

0 19

Lokasi Stasiun Kereta Api Serang

Stasiun Serang terletak di Jalan Kitapa No. 2 Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten.

Stasiun Kereta Api Serang

Menurut peta Serrurier maka pada tanggal 20 Desember 1900 jalur perkeretaan ini pun mulai dibuka (satu jalur), jalur  kereta api ini dapat menghubungkan antara Jakarta dengan Merak, dimulai dari Rangkasbitung, Serang, dan Cilegon. Bangunan stasiun ini memiliki dua buah ruangan yang pertama ruangan kontrol perjalanan kereta api dan ruangan kepala stasiun, sedangkan ruangan yang kedua merupakan loket dan administrasi.

Stasiun Kereta Api Serang

Di antara keduanya terdapat ruang tunggu penumpang di mana beberapa bagian bangunan seperti jendela dan pintu masih berupa bentuk lama dengan ukuran besar yang merupakan peninggalan Belanda. Bangunan stasiun kereta api Serang ini menghadap ke arah barat dengan pondasi bangunan ditinggikan sekitar 60 cm dari permukaan tanah. Sedangkan luas bangunan stasiun kereta api serang ini yaitu 44.373 m2. Luas perkantoran di luar stasiun yaitu 480. 50 m2, maka jumlah luas bangunan stasiun dan luas perkantoran di luar stasiun adalah 428. 50 m2. Sedangkan luas parkiran 1.358 m2, luas peron 610 m2 dan gudang TK  adalah 86 m2.

Pada umumnya bangunan ini memanjang seperti bangunan stasiun kereta api lainnya. Tepatnya di depan pintu masuk terdapat sebuah canopy yang menjorok ke luar. Adapun komponen bangunan seperti jendela dan daun pintu terbuat dari kayu yang bersusun horizontal. Sedangkan atap bangunannya ditutupi oleh seng dengan di setiap sudutnya terdapat hiasan yang brbentuk pucuk bunga. Bagian dindingnya kebanyakan dilengkapi dengan ragam hias pelipit yang banyak terutama di bagian atas jendela dan atap dinding dengan bagian bawah.

Sedangkan di bagian depan stasiun terdapat papan yang menjelaskan bahwa bangunan stasiun ini dilindungi oleh Negara sebagai Benda Cagar Budaya, yang dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten.

Source Stasiun Kereta Api Serang Banten

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.