SMA dan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (Van Deventer School) Semarang

0 9

Lokasi SMA dan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (Van Deventer School)

Sekolah Menengah Atas dan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (Van Deventer School) Semarang terletak di Jalan Sultan Agung Nomor 77, Kelurahan Candi Baru, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

SMA dan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (Van Deventer School)

Bangunan SMA dan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (Van Deventer School) ini dibangun diatas lahan seluas 12.060 m². Di dalam kompleks tersebut ada dua jenis bangunan sekolah berbeda masa, yaitu bangunan lama yang memiliki luas 2.868 m² dan bangunan baru seluas 1.008,3 m². Pada awalnya bangunan Sekolah Menengah Atas dan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (Van Deventer School) Semarang dibangun sebagai sekolah lanjutan pertama bagi kaum perempuan dengan konsep asrama (boarding school). Sekolah yang dahulu bernama van Deventer School ini didirikan untuk meneruskan sistem pendidikan yang sudah ada di Sekolah Dasar Kartini. Pemberian nama van Deventer School sesuai dengan nama yayasan yang mendirikannya yaitu VDV-Stichting (Van de Venter-Stichting).

Bangunan sekolah dirancang oleh Ir. Thomas Karsten yang pembangunannya selesai pada tahun 1923. Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pada tahun 1950, van Deventer School diambil alih oleh Yayasan Ibu Kartini yang masih tetap melanjutkan misi pendidikan sebagai sekolah pendidikan kesejahteraan keluarga bagi kaum perempuan. Kini sistem pendidikan di sekolah ini dibagi menjadi dua jurusan, yaitu Sekolah Menengah Atas dan Akademi Kesejahteraan Sosial yang juga menerima murid laki-laki.

Saat ini bangunan Sekolah Menengah Atas dan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini Semarang telah mendapatkan Surat Keputusan Walikota Semarang Nomor 646/50/1992 tentang Konservasi Bangunan-bangunan Kuno/Bersejarah di Wilayah Kota Semarang. Pada tahun 2005 bangunan ini juga mendapatkan Senarai Penganugerahan Penghargaan Pelestarian Pusaka Budaya (bangunan) Kota Semarang dan pada tahun 2014, bangunan ini masuk nominasi penghargaan pelestari cagar budaya BPCB Jawa Tengah.

Source SMA dan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini (Van Deventer School) Semarang Semarang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.