Situs Sumur Tujuh Serang

0 17

Lokasi Situs Sumur Tujuh

Situs sumur tujuh merupakan salah satu cagar budaya yang terletak di Kampung Pancuran Desa Lebakwana Kecamatan Kramatwatu Serang.

Situs Sumur Tujuh

Menurut Dinas kebudayaan dan pariwisata Provinsi Banten Sumur tujuh sendiri merupakan sebuah tempat peziarahan berupa tempat pemandian atau biasa disebut dengan istilah pertirtaan. Tidak seperti namanya, sumur tujuh ini terdapat beberapa luang yang menyerupai sumur dengan diameter 0.5-1 meter yang letaknnya berdekatan dengan sebuah pohon beringin. Jumlah sesungguhnya lebih dari tujuh sumur, melainkan 26 buah, 19 sumur di sebelah utara dan 7 sumur di sebelah selatan. Menurut cerita jumlah sumur bisa berubah-ubah sesuai dengan kemampuan manusia yang dating ke lokasi ziarah. Tempat ini diyakini sebagai tempat berkumpulnya para wali pada masa lalu untuk bertirakat dan mendekatkan diri pada Allah. Tidak banyak sumber cerita mengenai sejarah situs ini.

Pada malam jumat atau hari-hari tertentu banyak orang yang dating ke lokasi ini untuk berziarah. Di sana juga terdapat sebuah bangunan yang berisi sumur yang dinamakan sumur nyiwana. Konon sumur tujuh ini dipercaya memiliki khasiat tertentu yang dapat menyembuhkan penyakit. Banyak peziarah yang datang kesana untuk mengambil air, mandi atau sekedar wudhu dari sumur tersebut agar memperoleh khasiat dari air tersebut. Menurut pengakuan salah satu penjaga disana air dari sumur tersebut jika disimpan dalam botol tidak bau dan berlumut walaupun sudah satu tahun disimpan.

Kelemahan dari situs ini adalah lokasi ini memang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat. Bagi orang yang ingin ke sana menggunakan kendaraan roda empat harus memarkir mobilnya jauh dari lokasi dan dilanjutkan dengan jalan kaki. Kondisi jalan pun masih jalan setapak yang tidak beraturan. Banyaknya sampah berserakan di halaman luar situs ini juga sedikit mengganggu pemandangan dan kenyamanan.

Source Sirus Sumur Tujuh Serang Serang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.