Situs Stupa Glagah Kulon Progo

0 6

Lokasi Situs Stupa Glagah

Situs Stupa Glagah terletak di Jl. Glagah, Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654.

Sejarah Situs Stupa Glagah

Stupa Glagah ini dibuat pada abad 8-9 Masehi. Latar belakang kesejarahan dari stupa ini masih kurang begitu jelas. Sekalipun demikian stupa ini menunjukkan bahwa di sekitar Sidorejo, Temon pada kisaran abad 8-9 telah dihuni manusia dengan peradaban yang relatif maju. Stupa sebagai bagian dari tempat atau sarana ibadah menunjukkan tingkat peradaban masyarakat dalam bidang spiritual telah cukup maju.

Pada sisi lain sumber setempat menyebutkan bahwa kemungkinan Stupa Glagah mempunyai kaitan dengan cerita rakyat yang sempat berkembang di tempat itu. Cerita rakyat itu menyebutkan bahwa di Glagah dulu ada wilayah yang dinamakan Kadipaten Sidorejo. Kadipaten ini dipimpin oleh Adipati Cangak Mengeng. Sementara itu di tempat lain ada sebuah kadipaten yang bernama Kadipaten Ngreyap yang dipimpin oleh Adipati Ngreyap. Suatu keduanya terlibat peperangan dan Kadipaten Sidorejo kalah. Cerita ini menyebutkan bahwa Adipati Cangak Mengeng kemudian moksa. Seiring dengan hal itu Kadipaten Sidorejo pun diratakan oleh Adipati Ngreyap.

Usai peristiwa itu apa yang dinamakan Kadipaten Sidorejo bisa dikatakan telah lenyap. Akan tetapi selang beberapa ratus tahun kemudian orang mulai bertanya-tanya tentang adanya kadipaten tersebut karena ingatan generasi ke generasi tentang Kadipaten Sidorejo ternyata tidak lenyap. Diketemukannya berbagai batuan dalam berbagai ukuran dan bentuk pada waktu yang lebih kemudian semakin mendorong banyak orang ingin tahu lebih banyak tentang cerita tutur Kadipaten Sidorejo dengan sejarah yang sesungguhnya. Penemuan Stupa Glagah pada sisi lain semakin menebalkan imajinasi atau pendapat orang tentang pernah adanya sebuah Kadipaten atau kehidupan masyarakat yang cukup ramai di wilayah itu di masa lalu.

Source Situs Stupa Glagah Kulon Progo Yogyakarta

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.