Situs Patapan Serang

0 17

Lokasi Situs Patapan

Situs Patapan terletak di Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Banten.

Situs Patapan

Peninggalan sejarah ini disebut Situs Patapan. Karena pada abad ke delapan, dimana bangunan ini diperkirakan berdiri untuk digunakan oleh raja-raja Hindu sebagai tempat pemujaan, altar dan bertapa.

Situs Patapan ini berada di atas permukaan tanah serupa bukit namun tidak terlalu tinggi. Menuju situs ini kita harus melewati 27 anak tangga. Pepohonan berusia sangat tua berdiri kokoh di sekeliling bebatuan sejarah itu. Bahkan di tengah-tengah tempat pertapaan itu pun pohon besar tumbuh dengan akar yang keluar tak beraturan di permukaan tanahnya.

Terdapat tiga bebatuan-bebatuan pelinggih dan satu bebatuan punden berundak semacam altar atau pemujaan. Di sekeliling bebatuan yang masih utuh itu, serpihan-serpihan bebatuan tak beraturan bertebaran dimana-mana. Mungkin akibat faktor alam dan kejahilan manusia sehingga bebatuan itu tak ubahnya reruntuhan bangunan semata yang kurang terawat. Saat ini telah dibuat pagar di sekeliling situs patapan sebagai situs yang dilindungi. Situs Patapan ini setiap hari ada saja penziarah yang datang baik sore maupun malam hari. Namun ziarah rutin yang biasa dilakukan adalah pada malam Rabu.

Source Situs Patapan Serang Serang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.