Sejarah Hotel Savoy Homann Bandung

0 3

Lokasi Hotel Savoy Homann

Hotel Savoy Homann terletak di Jl. Asia-Afrika (dahulu Jalan Raya Pos) No. 112, Cikawao, Lengkong, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Sejarah Hotel Savoy Homann Bandung

Pendahulu hotel ini yaitu Hotel Homann, punya keluarga Homann, yang di kenal bakal sajian rijsttafel buatan Ibu Homann yang lezat. Pada tahun 1939, bangunan yang saat ini dirancang dengan design gelombang samudera bergaya art deco karya Albert Aalbers. Untuk menyatakan kebesarannya, kata ” Savoy ” ditambahkan, yang ditambahkan pada tahun 1940 serta terus sekian sampai tahun1980-an.

Hotel Savoy Homann ini mempunyai pekarangan dalam (jauh dari jalan raya), serta tamu bisa nikmati sarapan di hawa terbuka. Sesudah Kemerdekaan Indonesia, hotel ini di ambil alih oleh oleh group hotel Bidakara, hingga namanya jadi tambah jadi Savoy Homann Bidakara Hotel.

Hotel Savoy Homann awalannya bernama Hotel Homann. Bangunan hotel ini dirancang oleh arsitek Belanda bernama Albert F. Aalbers serta dipunyai keluarga Homann pada akhir 1800-an. Homann yaitu seseorang imigran Jerman yang tiba di Bandung pada th. 1870. Saat pembangunannya usai, gedung ini bertukar nama jadi Hotel Savoy pada th. 1939. Bangunan Hotel Savoy Homann juga mulai sejak waktu itu jadi satu diantara bangunan lambang kota Bandung lantaran arsitektur art deco-nya yang menarik untuk dilihat para wisatawan.

Hotel Homann atau mungkin Savoy atau mungkin Hotel Savoy Homann pernah disinggahi oleh beberapa orang populer seperti Raja serta Ratu Thailand (akhir tahun 1890), Charlie Chaplin serta Mary Pickford (tahun 1927), Perdana menteri India PJ Nehru serta Presiden Mesir Gamal Abdul Naseer (tahun 1955), Istri bangsawan dari Westminster, Inggris dsb. Charlie Chaplin bahkan juga terdaftar pernah bertandang kian lebih satu kali.

 

 

Source Sejarah Hotel Savoy Homann Bandung Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.