Sejarah Stasiun Pangandaran Jawa Barat

0 6

Lokasi Bekas Stasiun Pangandaran

Stasiun Pangandaran terletak di Jalan Stasiun, Dusun Karangsalam, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Sejarah Stasiun Pangandaran

Stasiun Pangandaran ini dibangun pada tahun 1921, Stasiun dan jalur ini sudah di nonaktifkan sejak tahun 1984. Kondisi bangunan stasiun masih kokoh berdiri walaupun sudah dikelilingi semak-semak dan pepohonan. Pada tahun 1997, stasiun dan jalur ini sempat diaktifkan dan dilewati berberapa lokomotif seperti BB300 dan D301. Namun akhirnya jalur BANCI (Banjar – Cijulang) ini ditutup kembali saat krisis ekonomi yang melanda seluruh Asia.

Bangunan Stasiun Pangandaran ini tampak kumuh, kotor, tidak terawat dan hampir di semua bagian bangunan mengalami kerusakan. Bangunan stasiun pangandaran ini berdenah persegi, berukuran 20,80 m x 5,44 m, pintu masuk berada di sisi selatan, yang simetris dan sejajar dengan pintu di sisi utara, akses menuju kereta. Bangunan stasiun pangandaran yang beratap model pelana, dengan penutup atap berupa genteng tanah liat. Atap ditopang oleh beberapa konsul di setiap sisi. Tampak selatan, terdapat pintu selebar 253 cm. Pintu tersebut diapit oleh dua pilaster berupa susunan bolder ekspose, yang selain sebagai struktur penguat sekaligus berfungsi estetis. Di barat pintu masuk berderet tiga jendela panil kayu.

Source Sejarah Stasiun Pangandaran Jawa Barat Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.