Sejarah Pabrik Gula Pangka Tegal

0 17

Lokasi Pabrik Gula Pangka

Pabrik Gula Pangka adalah perusahaan pengolahan tebu menjadi gula. Letaknya di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Sejarah Pabrik Gula Pangka

PG Pangka merupakan salah satu bangunan yang didirikan pada zaman pemerintahan Belanda sekitar tahun 1832. Meskipun usianya sudah sekitar 180 tahun, bangunan ini belum banyak berubah. Karena nilai sejarah yang tinggi, membuat pengelola PG Pangkah saat ini enggan melakukan perombakan bangunan.

Pemilik PG Pangka ini adalah Nv Mitjot Explitatie Dert Suiker Fabrieken dikelola oleh NV KOSY dan SUCIER yang bekedudukan di Surakarta. Bangunan ini berdiri di areal seluas 2,975 hektar di Desa Pangkah, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Pada waktu pendiriaanya ribuan tenaga kerja pribumi dikerahkan dengan sistem kerja paksa oleh pemerintah kolonial Belanda. Berdasarkan UU Nomor 86 Tahun 1958, PG Pangka telah diambil oleh Pemerintah Republik Indonesia atau istilah populer pada saat itu “di Nasionalisasi”

Pabrik Gula Pangka juga mempunyai Loco Antik yang berkapasitas sekitar 75 orang dewasa atau memuat sekitar 100 anak-anak. Loco Antik ini terdiri dari 3 gerbong. Loko antik ini terdapat dua jalur yaitu melalui jalur arah barat laut yang melintasi perkampungan dan perkebunan tebu atau melalui jalur timur laut yang melintasi perkebunan tebu sambil menikmati keindahan pegunungan Waduk Cacaban.

Source Sejarah Pabrik Gula Pangka Tegal Jawa Tengah

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.