Sejarah Museum Zoologi Bogor

0 10

Lokasi Museum Zoologi

Museum ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sejarah Museum Zoologi

Museum Zoologi Bogor (MZB) merupakan salah satu museum kebanggaan bagi masyarakat Bogor. Museum ini merupakan museum yang berkaitan dengan dunia fauna karena banyak koleksinya terdiri diri dari beraneka ragam fauna yang diawetkan.

Awalnya museum ini merupakan laboratoriun zoologi dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium yang didirikan pada tahun 1894 atas gagasan J.C. Koningsberger, ahli botani berkebangsaan Jerman. Ketika itu hanya berupa sebuah ruangan kecil dan sederhana. Fungsi utama dari bangunan ini semula adalah sebagai laboratorium untuk penelitian hewan pengganggu tanaman pertanian yang termasuk dalam S’Lands Plantentuin (Kebun Raya Bogor). Kemudian pada tahun 1901, didirikan gedung baru yang digunakan untuk ruang koleksi, ruang kerja, ruang pameran dan laboratorium.

Seiring dengan perkembangan zaman, MZB mengubah namanya sesuai dengan fungsinya: Landbouw Zoologisch Laboratorium (1894), Landbouw Zoologisch Museum (1896), Zoologisch Museum and Werkplaats (1906-1909), Zoologisch Museum and Laboratoriun (1910-1942), Dobutsu Hakubutsukan (1942-1945), Zoologisch Museum and Laboratorium (1946-1947), Museum Zoologicum Bogoriense (1947-1954), Lembaga Museum Zoologicum Bogoriense (1955-1962), Museum Zoologicum Bogoriense (1962-1986), Balai Penelitian dan Pengembangan Zoologi (1987-2000), dan sejak tahun 2000 hingga sekarang, MZB berada di bawah kewenangan Pusat Penelitian Biologi LIPI untuk Bidang Zoologi. Sehingga MZB ini selain digunakan sebagai balai penelitian juga menjadi museum seperti sekarang ini.

Bangunan Museum Zoologi Bogor ini berdenah persegi panjang. Pada tampak depan bangunan terdapat jendela yang masih asli yang terbuat dari kayu, termasuk juga pintunya. Namun, pintu yang menjadi pintu masuk museum dialihkan ke bagian belakang gedung sehingga pintu di depan ditutup karena untuk masuk ke MZB harus melalui Kebun Raya Bogor terlebih dahulu.

Di museum yang memiliki luas bangunan 756,90 m² di atas lahan seluas 1.500 m² ini, terdapat sejumlah ruang untuk memajang koleksinya, seperti mamalia, ikan, burung, reptil dan amfibi, moluska, serangga, dan invertebrata lainnya.

Source Sejarah Museum Zoologi Bogor Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.