Masjid Tegalsari Surakarta

0 11

Masjid Tegalsari

Lokasi Masjid Tegalsari berada di Jalan Dr. Wahidin N0 36 Kampung Tegalsari, Kecamatan Laweyan, Kodya Surakarta. Masjid ini tetap menjaga keaslian bangunan sejak tahun 1929.

Sejarah Masjid Tegalsari

Masjid Tegalsari ini dibangun pada tahun 1928 dan diresmikan pada tahun 1929. Selama 87 tahun berdirinya Masjid Tegalsari tidak pernah direnovasi. Bangunan masjid masih sama sejak pertama kali masjid ini berdiri. Menurut Sakur, ta’mir masjid mengatakan kekokohan bangunan tidak lepas dari prinsip-prinsip yang dianut oleh pendirinya. Pendiri Masjid ini bernama KH. Ahmad Shofawi, beliau menganut kesucian dalam pembangunan masjid dengan cara tidak mencari dana keluar masjid.

Masjid ini menggunakan material yang suci, pada umumnya zaman dulu pembuatan batu bata dicampuri dengan kotoran sapi agar tanahnya ulet. Namun batu bata yang digunakan untuk membuat Masjid Tegalsari tidak menggunakan campuran tersebut sehingga kesuciannya benar-benar diyakini.

Karakteristik Masjid Tegalsari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masjid ini mempunyai luas 357 meter persegi, panjang 21 meter dan lebar 17 meter. Bangunan ini berarsitektur kerajaan Islam Jawa dengan model Walisongo dan Masjid Demak. Terdapat 4 pilar di ruangan utama Masjid yang terbuat dari kayu jati. Keseluruhan kayu di Masjid ini dibuat dari kayu jadi kecuali bedug yang terbuat dari kayu pohon nangka. Bangunan masjid ini sama dengan masjid-masjid kuno yang  lain yaitu terdiri dari bagian utama, serambi kanan dan serambi kiri.

Source Masjid Tegalsari Surakarta

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.