Sejarah Kebun Raya Bogor

0 7

Lokasi Kebun Raya Bogor

Kebun Raya ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 13 Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Kebun Raya Bogor

Berdasarkan catatan sejarah yang ada, keberadaan Kebun Raya ini sebenarnya telah ada semenjak zaman Kerajaan Pajajaran. Sesuai yang tertulis di Prasasti Batu Tulis, Kebun Raya ini diindikasikan sebagai bagian dari hutan samida yang didirikan oleh Sri Baduga Maharaja atau yang dikenal dengan Prabu Siliwangi (1474-1513). Hutan samida berarti hutan buatan atan taman buatan. Tujuan membuat hutan samida ini untuk keperluan menjaga kelestarian lingkungan serta tempat untuk memelihara benih-benih kayu yang langka. Di samping samida yang terletak di Kota Bogor ini, dibuat pula samida yang serupa di perbatasan antara Cianjur dengan Bogor yang disebut Hutan Ciung Wanara.

Atas gagasan Reinwardt maka pada tanggl 18 Mei 1817 dilakukan pemancangan patok pertama yang menandai berdirinya Kebun Raya yang diberi nama S’Lands Plantentuin te Buitenzorg. Sepanjang sejarahnya, Kebun Raya Bogor memiliki berbagai nama di antaranya S’Lands Plantentuin, Syokubutzuen, Botanical Garden of Buitenzorg, Botanical Garden of Indonesia, Kebun Gede dan Kebun Jodoh.

Pada tahun 1822, Reinwardt digantikan oleh Dr. Carl Ludwig Blume. Sejak menjabat S’Lands Plantentuin, Blume melakukan inventarisasi koleksi tanaman. Kebun Raya Bogor mengalami perkembangan yang pesat di bawah kepemimpinan Dr. Carl Ludwig Blume (1822), J.E. Teijsmann dan Dr. Hasskarl (era Gubernur Jenderal van Den Bosch), Simon Binnendijk, Dr. RH. C.C. Scheffer (1867), Prof. Dr. Melchior Treub (1881), Dr. Koningsberger (1904), van Den Hornett (1904), dan Prof. Ir. Kustono Setijowirjo (1949) yang menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat pimpinan lembaga penelitian bertaraf internasional.

Source Sejarah Kebun Raya Bogor Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.