Sejarah Gedung Spiegel Semarang

0 16

Lokasi Gedung Spiegel Semarang 

gedung Spiegel terletak di Jalan Letnan Jenderal Suprapto No. 34, Kota Lama, Semarang Utara, Tanjung Mas, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174.

Gedung Spiegel Semarang

Perusahaan Winkel Maatschappij “H Spiegel” yang dulu menempati bangunan ini adalah sebuah toko yang menyediakan berbagai macam barang baik keperluan rumah tangga atau keperluan kantor dengan model terbaru. Beberapa barang yang disajikan antara lian : tekstil dari kapas atau lenin, keperluan rumah tangga, mesin ketik, furniture, keperluan untuk olah raga dan sebagainya. Perusahaan ini pertama kali dibangun pada tahun 1895 oleh Tuan Addler. Kemudian Tuan H. Spiegel diangkat menjadi manajer perusahaan ini. Lima tahun kemudian, Tuan H. Spiegel menjadi pemiliknya. Pada tahun 1908 perusahaan ini menjadi perusahaan terbatas. Kini keadaan bangunan kuno ini agak kurang terawat, sedangkan fungsi bangunan dialihkan menjadi gudang.

Bangunan Gedung Spiegel

Bangunan setangkup dengan fasade tunggal. Bangunan Gedung Spiegel berorientasi ke selatan. Seluruh bangunan berlantai dua. Pondasi bangunan dengan batu dan sistem struktur dinding bata. Dinding dari batu bata, bagian kaki bangunan diberi ornamen dan seluruh dinding diselesaikan dengan plester dan dicat. Atap bangunan pelana dengan bahan penutup genteng. Facade entrance menghadap kebarat daya (menyorong). Terdapat jendela loteng di sepanjang facade bangunan. Tritisan tidak begitu lebar karena terjadi dari dinding yang menjorok ke dalam. Cornice terdiri dari garis-garis mendatar. Dinding facade entrance dipertinggi dan diselesaikan dengan hiasan diatasnya. Bangunan tidak mempunyai serambi.

Pintu masuk utama menjorok ke dalam dan dinaungi atap lengkung yang membentuk balkon diatasnya. Balkon tanpa nangungan. Pintu berdaun ganda dengan panel kayu. Diatas pintu terdapat bouvenlicht. Diatas cornice di sepanjang facade bagian barat terdapat terdapat jendela dari kaca yang berfungsi sebagai ventilasi. Jendela berambang atas lengkung dan berdaun ganda. panel jendela dari kaca dan kayu. Gaya bangunan Gedung Spiegel sedikit terpengaruh oleh gaya Spanish Colonial. Bangunan kantor ini tidak mempunyai halaman dengan posisinya tepat di tepi jalan Raya Letjend Suprapto, Kota Lama Semarang. Di sebelah barat adalah Paradeplin Gereja Blenduk.

Source Sejarah Gedung Spiegel Semarang Jawa Tengah

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.