Sejarah Gedong Papak Bekasi

0 7

Lokasi Gedong Papak

Gedung Papak terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.157, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat 17113.

Sejarah Gedong Papak

Gedung Papak yang dibangun pada awal abad ke-20 tersebut berdiri di atas tanah seluas 1,5 hektar. Luas bangunannya mencapai 2.500 meter persegi. Bangunan yang oleh masyarakat sekitar disebut Gedong Papak ini dibangun tahun 1930. Gedong berarti rumah. Sedangkan kata papak berasal dari istilah pak-pak yang bermakna rumah yang atapnya tidak menggunakan genteng melainkan dibuat rata. Hal itulah yang menjadi ciri khas Gedung Papak.

Pemrakarsa sekaligus pemilik awal Gedung Papak adalah tuan tanah Cina bernama Lee Guan Chin. Ia membangun kediamannya dengan gaya arsitektur yang kala itu sedang populer. Tidak mengherankan jika bentuk bangunan serupa dapat dijumpai di daerah lain seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Semarang, hingga Kudus.

Lee Guan Chin merupakan seorang saudagar yang dekat dan peduli pada masyarakat sekitar. Pada masa pendudukan Jepang, dengan sukarela ia menyerahkan Gedung Papak kepada Kyai Haji Noer Ali yang merupakan pimpinan gerakan revolusi di Bekasi. Bangunan itu kemudian dijadikan markas perjuangan rakyat setempat.

Usai perang kemerdekaan, pemerintah mengambil alih Gedung Papak dan menjadikannya sebagai rumah dinas walikota mulai tahun 1982. Sejak tahun 2004, pemerintah Bekasi menjadikan gedung tersebut sebagai tempat publik. Lantai kedua menjadi Kantor Komisi Pemberantasan AIDS Bekasi. Sedangkan lantai pertama dijadikan mushola sekaligus pusat kegiatan keagamaan. Tempat yang mampu menampung hingga 50 jamaah itu biasanya ramai saat bulan suci Ramadhan.

Source Sejarah Gedong Papak Bekasi Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.