Sejarah Bruderan FIC Yogyakarta

0 6

Lokasi Bruderan FIC Yogyakarta

Bruderan ini terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 18 Kampung Yudonegaran RT.09 RW.01 Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Bruderan FIC Yogyakarta

Bruderan FIC Yogyakarta (Buletin Narasimha No. 07/VII/2014) mengulas mengenai keberadaan Bruderan FIC di Yogyakarta. Kegiatan pewartaan agama Katolik bagi orang-orang Jawa berlangsung pada periode 1914-1940. Perkembangan karya misi tersebut tidak dapat dilepaskan dari peran para misionaris Serikat Jesus atau yang sering dikenal dengan ordo Jesuit. Dalam melakukan pengembangan misi di antara orang-orang Jawa, sejak awal telah disadari oleh para misionaris Jesuit bahwa sekolah dapat dijadikan salah satu sandaran dan sekaligus sebagai bentuk karya sosial yang nyata dalam pengembangan misi tersebut. Kebutuhan baru masyarakat untuk memperoleh pengajaran modern dapat dikatakan mempunyai kesesuaian dengan fungsi strategis sekolah bagi proses pewartaan agama Katolik. Dengan demikian sekolah harus dikelola secara baik dan sedapat mungkin terus ditambah jumlahnya.

Dalam rangka pengembangan sekolah tersebut, maka misionaris Jesuit sangat mengharapkan peran aktif para Bruder biarawan. Mereka dianggap memiliki pengalaman dan ketekunan yang tinggi serta perhatian dan dasar-dasar kerohanian yang kuat. Para Bruder tersebut dinilai tidak hanya akan dapat memberikan ilmu pengetahuan tetapi juga sendi-sendi keagamaan kepada peserta didik dan guru-guru pendidiknya melalui interaksi sosial dan keteladanan hidup setiap hari.

Hasil gambar untuk Bruderan FIC Yogyakarta
Bruderan FIC Yogyakarta

Keinginan ordo Jesuit untuk melibatkan para Bruder dalam mengelola sekolah misi juga terwujud di Yogyakarta. Kedatangan mereka di Hindia Belanda sebenarnya telah lama dinantikan oleh misionaris Jesuit. Permohonan bantuan tenaga secara resmi diajukan pertama kali oleh pemimpin misi Jesuit, yaitu P.J. van Santen. Pada tahun 1919 permintaan tersebut diulangi kembali oleh P.J. Hoeberechts. Setelah disanggupi, maka pada tahun 1920 lima orang Bruder FIC yang pertama berangkat ke Hindia Belanda dengan tujuan Yogyakarta. Perlu diketahui bahwa Kongregasi Bruder FIC dalam bahasa Latin disebut dengan Congregatio Fratres Immaculatae Conceptionis Beatae Mariae Virginis, dalam bahasa Inggris disebut dengan Congregation of the Brothers of the Immaculate Conception of the Blessed Virgin Mary. Sedangkan dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Kongregasi Para Bruder Santa Perawan Maria yang Tak Bernoda (FIC).

Kongregasi tersebut didirikan oleh Pastor Ludovicus Rutten pada tanggal 21 November 1840 di Kota Maastricht, Belanda. Pada tanggal 28 Desember 1919, ketika dirayakan pesta berdirinya 75 tahun kongregasi, ada pengumuman dari Dewan Umum bahwa pada tahun 1920 akan dibuka Bruderan FIC di Yogyakarta. Hal ini bertujuan untuk mendirikan sekolah-sekolah sehingga dapat mendukung karya misi Katolik di Kota Yogyakarta. Dari 113 Bruder yang mendaftarkan diri ke Dewan Umum untuk menjadi misionaris di Jawa, akhirnya pada pesta Paskah pada tahun 1920 Dewan Umum mengumumkan bahwa akan ada 5 Bruder yang ditulis menjadi misionaris, yakni Br. August, Br. Lebuinus, Br. Eufrasius, Br. Contantius, dan Br. Ivo.

Bangunan Bruderan FIC Yogyakarta

Bangunan Bruderan FIC berbatasan dengan SMA Pangudi Luhur di sebelah barat, Kantor Pelayanan Pajak Pratama di sebelah timur, Jalan Panembahan Senopati di sebelah utara, dan pemukiman penduduk di sebelah selatan. Bangunan ini menghadap ke utara dan di depannya terdapat halaman yang dibatasi dengan pagar besi.

Bangunan bernah O, dan terdiri dari 5 bangunan yaitu bangunan depan, bangunan sayap barat, bangunan sayap timur, bangunan belakang, dan kapel. Ketinggian dinding dari kelima bangunan yang terbuat dari bata berplester setebal 30 cm, dan dicat warna putih krem. Permukaan dinding bawah diberi tatanan batu andesit setinggi 65 cm yang dicat warna hitam pada batunya, dan di sela batu dicat warna putih, kemudian di atasnya terdapat list setinggi 15 cm. Lantai bangunan dari tegel warna abu-abu ukuran 20 cm x 20 cm dengan pelisir tegel warna merah dengan ukuran sama.

Source Sejarah Bruderan FIC Yogyakarta Jogja

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.