Rumah Sakit Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor

0 7

Lokasi Rumah Sakit Dr. H. Marzoeki Mahdi

Rumah sakit ini terletak di Jalan Dr. Semeru No. 114 Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Rumah Sakit Dr. H. Marzoeki Mahdi

Awalnya, Rumah Sakit Dr. H. Marzoeki Mahdi ini merupakan rumah sakit jiwa (RSJ) yang pertama didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 1 Juli 1882, dan merupakan RSJ terbesar kedua setelah RS Jiwa Lawang Jawa Timur. Ketika rumah sakit ini diresmikan oleh Direktur P & K (Ex Onderwijs Van Eeredienst En Nijverheid) bernama Krankzinnigengestich te Buitenzorg, dengan jumlah pekerja 35 orang Eropa dan 95 orang pegawai pribumi dan keturunan Tionghoa di antaranya seorang dokter jiwa yang bernama Dr. Semeru, dengan kapasitas 400 tempat tidur.

Pada masa pendudukan Jepang (1942-1945), RSJ Pusat Bogor ini pernah digunakan sebagai penampungan tentara Jepang dan sebagian lain untuk tempat mengisolir orang yang terkena penyakit menular. Pada masa revolusi fisik (1945-1950), rumah sakit ini sempat “terlantar” karena tidak banyak perhatian yang diberikan terhadap nasib RSJ Pusat Bogor lantaran sibuk mempertahankan kemerdekaan. Baru antara tahun 1950-1969 terdapat sedikit perbaikan dan perubahan gedung atau ruang perawatan yang cukup berarti, dan sesudah tahun 1950, RSJ Pusat Bogor ini mengalami perbaikan dan sekaligus peningkatan pelayanan melalui Repelita hingga akhir tahun 2001.

Lalu, bersamaan dengan momen peringatan 120 tahun RSJP Bogor pada tanggal 1 Juli 2002, RSJP Bogor ini diresmikan menjadi Rumah Sakit Dr. H. Marzoeki Mahdi. Bangunan rumah sakit ini terdiri dari beberapa bangunan, di antaranya bangunan administrasi, rawat inap, rawat jalan, instalasi, dan ruang lainnya. Sebagian bangunan sudah direnovasi, namun tetap dipertahankan gaya arsitektur masa kolonialnya. Pada bangunan lama yang tidak direnovasi secara keseluruhan, bangunannya masih memiliki jendela-jendela tinggi berbentuk persegi yang terbuat dari kayu atap bangunan berbentuk limas. Luas bangunan ini adalah 30.035,56 m² yang berdiri di atas lahan seluas 572.026 m².

RS Marzoeki Mahdi ini menyandang tipe rumah sakit A (khusus) yang status kepemilikannya berada di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kekhususan ini diberikan karena sejak awal berdiri pada tahun 1882, pelayanan kesehatan yang diberikan adalah kesehatan jiwa. Sampai sekarang, rumah sakit ini mengembangkan fasilitas pelayanan jiwa, meski sudah berubah nama.

Source Rumah Sakit Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.