Rumah Eks Tuan Kuase Belitung

0 1

Lokasi Rumah Eks Tuan Kuase

Rumah Eks Tuan Kuase terletak di Jl. Melati, Tanjungpandan, Belitung.

Rumah Eks Tuan Kuase

Konon rumah ini menjadi rumah yang pertama kali didirikan di Kawasan Tanjung Pendam. Rumah ini menjadi saksi sejarah pernah berkuasanya Belanda di Kawasan Pulau Belitung. Inilah Rumah Eks Tuan Kuase yang dahulu digunakan pejabat Belanda ketika menduduki Pulau yang terkenal dengan tambang timahnya ini.

Rumah Eks Tuan Kuase dibangun sekitar tahun 1862 persis didepan Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Pandan, Belitung. Di sekitar rumah ini ditumbuhi pepohonan yang rindang dan membuat rumah ini terlihat begitu asri. Halamannya yang luas menjadikan rumah ini terlihat begitu lapang dan nyaman.

Ciri arsitektur Belanda di Rumah yang saat ini telah ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tanjung Pandan ini begitu kental. Salah satunya adalah bentuk desain interiornya yang masih bergaya kolonial lengkap dengan ornamen-ornamen nya seperti bentuk pintu dan jendela.

Rumah yang dalam bahasa Belanda bernama Hoofdadministrateur ini memiliki luas sekitar 500 meter dengan taman di halaman depan dan belakang rumah. Rumah ini juga pernah digunakan sebagai rumah dinas Kepala Unit Penambangan Timah Belitung. Saat ini, Rumah Eks Tuan Kuase dijadikan penginapan untuk para pegawai dinas dari pemerintahan yang sedang berada di Belitung dibawah pengelolaan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Source Rumah Eks Tuan Kuase Belitung Bangka Belitung

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.