Rumah Abu Keluarga Thung Bogor

0 5

Lokasi Rumah Abu Keluarga Thung

Rumah abu ini terletak di Jalan Surya Kencana No. 184 Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Rumah Abu Keluarga Thung

Kawasan Pecinan (Chineseche Kamp) di sepanjang Jalan Surya Kencana memang menyimpang memori bagi representasi keberadaan orang Tionghoa di Bogor. Beberapa bangunan ala Tiongkok menghiasi Jalan Surya Kencana, yang dulu dikenal dengan Handelstraat atau Jalan Perniagaan. Salah satunya yang masih bisa disaksikan hingga sekarang adalah Rumah Abu Keluarga Thung.

Rumah Abu yang dimiliki oleh Keluarga Thung ini didirikan oleh Kapiten Thung Tjoeng Ho (1869-1922). Sebelum menjadi Rumah Abu, tempat ini dikenal sebagai Kioe Seng Tong dan digunakan sebagai kantor oleh Kiong Seng Liong (9 Thung Bersaudara).

Setelah beberapa lama, beberapa tidak digunakan lagi sebagai kantor dan dibiarkan kosong atau mangkrak, akhirnya atas inisiatif keluarga Thung, rumah tersebut dipakai untuk menyimpan abu jenazah leluhur. Hal inilah akhirnya menyebabkan rumah ini dikenal sebagai Rumah Abu Keluarga Thung. Setiap hari, rumah ini akan tampak sepi dan seolah-olah senantiasa terkunci sehingga tidak setiap orang bisa menyaksikan interior dari rumah ini. Rumah ini akan terbuka manakala keluarga besar Thung melakukan pertemuan keluarga besarnya pada bulan-bulan tertentu.

Sebagai tempat perkumpulan keluarga besar Thung, bangunan ini masih terawat dengan baik dan arsitektur asli bangunan ini masih dipertahankan. Rumah Abu Keluarga Thung ini tetap memiliki pintu sebanyak tiga buah dan tinggi, di mana pintu utamanya yang berada di tengah. Tidak ada jendela sama sekali di bagian depan rumah, hanya ada kaca kecil di atas pintu samping.

Source Rumah Abu Keluarga Thung Bogor Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.