Prasasti Lebak Banten

0 51

Lokasi Ditemukan Prasasti Lebak

Prasasti Lebak ditemukan di kampung lebak di tepi sungai Cidanghiang, kecamatan Munjul kabupaten Pandeglang Banten.

Prasasti Lebak

Prasasti Lebak adalah salah satu peninggalan dari Kerajaan Tarumanegara, yang ini berisi dua baris puisi dengan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta ditemukan di desa dataran rendah di tepi Sungai Cidahiyang.

Prasasti Lebak ini mengisahkan mengenai kebesaran dan keberanian Raja Purnawarman. Kisah ini diawali oleh merajalelanya perompak laut yang beraktivitas di wilayah Kerajaan Tarumanegara. Perompak laut itu sudah kelewat meresahkan Kerajaan Tarumanegara dengan klimaksnya perompakan terhadap perahu pejabat Kerajaan Tarumanegara. Kabar ini begitu didengar oleh Raja Purnawarwan maka beliau sendiri yang berkehendak ingin mengatasinya.

Prasasti Lebak dikenal juga dengan nama Prasasti Munjul atau Prasasti Cidahiyang. Bentuk prasasti Lebak yaitu berupa batu alami yang berukuran 3 x 2 x 2 meter, pada batu tersebut terdapat tulisan yang dipahatkan dan merupakan inti dari isi Prasasti Lebak.

Isi Prasasti Lebak

Vikranto ‘yam vanipateh, prabhuh satya, Parakramah narendra ddhvajabhutena, Srimatah purnnawvarmanah

Yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya seperti ini :

Inilah (tanda) keperwiraan, keagungan, dan keberanian yang sesungguhnya dari raja dunia, yang Mulia Purnawarman yang menjadi panji sekalian raja-raja”.

Source Prasasti Lebak Bogor

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.