Museum Sepuluh November Surabaya

0 6

Lokasi Museum Sepuluh November

Museum ini terletak di Jalan Pahlawan, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Museum Sepuluh November

Koleksi Museum Sepuluh November

Museum 10 November diresmikan oleh presiden KH. Abdurahman Wahid pada tanggal 19-2-2001. Museum Ini dibangun untuk memperkuat keberadaan Tugu pahlawan. Arsitektur Museum 10 Nopember terbilang unik, dari luar tampak bangunan utama berbentuk limas laksana piramid, mirip sekali dengan museum Louvre yang ada di paris. Keunikan lainnya bangunan museum dibenamkan di bawah tanah, hanya atapnya saja yang kelihatan. Hal ini supaya tidak menganggu pemandangan tugu pahlawan. Sesuai dengan namanya museum 10 nopember, museum ini berisi memori dan artefak dari perjuangan arek-arek Surabaya yang heroik sebelum (pertempuran 3 hari) dan saat pertempuran 10 Nopember.

Bangunan Museum Sepuluh November

Bangunan Museum Sepuluh November terdiri dari 2 lantai. Lantai 1 terdapat 10 patung yang melambangkan bentuk semangat perjuangan rakyat surabaya. Untuk lebih menikmati ekspresi patung ini kita mesti melihat 10 patung pejuang dari lantai 2. Selain patung 10 pejuang terdapat pula patung Bung tomo dan kawan-kawan tengah ber-orasi lewat radio. Orasi Bung dapat kita dengar secara langsung.

Di lantai kedua Auditorium merupakan ruang pameran senjata, reproduksi foto-foto dokumenter dan pameran koleksi peninggalan Bung Tomo. Selain itu ada dua ruang diorama yang menyajikan delapan peristiwa yang terjadi sekitar 10 November 1945 lengkap dengan narasi.

Area Tugu Pahlawan dan museum 10 November ini selalu menjadi pusat perhatian setiap 10 november. Momentum tersebut di manfaatkan untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur selama perang kemerdekaan. Bung tomo, Residen Soedirman, Gubernur Soerjo, Ketua KNI Doel Arnowo, Roeslan Abdulgani, Drg Moestopo dan HR. Mohamad Mangoendiprodjo, adalah tokoh-tokoh pejuang surabaya di masa revolusi 1945.

Source Museum Sepuluh November Surabaya Jawa Timur

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.