Museum Etnobotani Indonesia Bogor

0 4

Lokasi Museum Etnobotani Indonesia

Museum ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 22-24 Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Museum Etnobotani Indonesia

Gagasan pendirian museum etnobotani indonesia ini mula-mula dicetuskan oleh Prof. Sarwono Prawirohardjo yang ketika itu menjabat sebagai ketua LIPI, bertepatan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung baru Herbarium pada tahun 1962. Tetapi gagasan tersebut baru mulai dipikirkan serta dimanfaatkan kembali ketika Dr. Setijati Sastrapradja memegang jabatan Direktur LBN (Lembaga Biologi Nasional) pada tahun 1973. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya museum tersebut dapat terwujud dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 1982 oleh Menristek Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, dengan tema Museum Etnobotani Indonesia, yaitu: “Pemanfaatan Tumbuhan Indonesia”.

Penamaan museum ini didasarkan kepada cabang keilmuan dalam bidang biologi yang berhubungan dengan tanaman, yaitu etnobotani. Etnobotani adalah cabang ilmu tumbuh-tumbuhan yang mempelajari hubungan antara suku-suku asli suatu daerah dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya. Istilah etnobotani pertama kali diperkenalkan oleh seorang antropologi Amerika yang bernama Harsbeger pada tahun 1895.

Dari aspek botani, etnobotani dapat memberi bantuan dalam penentuan asal mula suatu tumbuhan, penyebaran, penggalian potensi tumbuhan sebagai sumber kebutuhan hidup, makna dan arti tumbuhan dalam kebudayaan serta tanggapan masyarakat setempat terhadap suatu suatu jenis tumbuhan.

Bangunan yang digunakan untuk museum ini berlantai empat dengan memiliki luas bangunan 1.463 m² dan berdenar persegi. Dari tampak depan tiap lantai bangunan terdapat jendela-jendela berbentuk persegi panjang dan atap bangunan datar.

Koleksi Museum Etnobotani Indonesia

Koleksi Museum Etnobotani Indonesia saat ini berjumlah 1.700 nomor, berasal dari seluruh Nusantara. Mulai dari Aceh hingga Papua. Artefak dalam etnobotani ini dipamerkan berdasarkan jenis tumbuhan dan pemanfaatannya, bukan berdasarkan suku bangsa yang memanfaatkannya.

Adapun koleksi yang dipamerkan antara lain terdiri dari koleksi kayu, pemanfaatan rotan, bambu, aren, labu, koleksi basah, tanaman obat, alat rumah tangga, alat berburu, permainan anak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Source Museum Etnobotani Indonesia Bogor Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.