Museum Cut Nyak Dhien Aceh

0 16

Lokasi Museum Cut Nyak Dhien Aceh

Museum ini terletak pada Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Sejarah Museum Cut Nyak Dhien Aceh

Museum Rumah Cut Nyak Dhien merupakan museum yang akan mengingatkan sejenak dengan pahlawan wanita berhati baja ini. Srikandi Indonesia ini memang dikenal memiliki pendirian yang teguh serta gagah berani dalam memimpin pasukan untuk melawan Belanda.

Belanda menghadiahkan sebuah rumah kepada Teuku Umar. Itulah rumah yang kini menjadi Museum Rumah Cut Nyak Dhien. Namun bangunan yang kini bisa dilihat merupakan replika dari banguan yang dibuat menyerupai aslinya. Rumah tersebut konon telah dibakar sampai habis oleh Belanda yang mengetahui bahwa Teuku Umar hanya berpura-pura pada tahun 1896. Rumah tersebut dibangun kembali oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta diresmikan oleh Fuad Hasan yang kala itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1987.

Bangunan Museum Cut Nyak Dhien Aceh

Seperti layaknya rumah adat Aceh pada umumnya, desain Museum Rumah Cut Nyak Dhien ini juga memiliki bentuk yang hampir sama. Berbentuk rumah panggung dengan ukuran 25 meter x 17 meter serta memiliki 65 tiang kayu peyangga. Pintu utama, memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga harus membungkuk untuk masuk ke rumah tersebut.

Ketika telah memasuki rumah, akan terasa suasana yang sejuk dan asri. Dinding-dinding ruangan terbuat dari papan-papan kayu, serta atap dihiasi dengan pelepah daun kelapa tua. Ruangan didalam Museum Rumah Cut Nyak Dhien ini tergolong luas dan juga terdapat banyak pintu yang menghubungkan ruangan satu dengan ruangan yang lainnya.

Pada dinding ruangan, terdapat silsilah keturunan dari pahlawan wanita Indonesia tersebut. Selain itu terdapat pula koleksi yang menggambarkan pada masa Perang Aceh.

Source Museum Cut Nyak Dhien Aceh Aceh

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.