Masjid Sunan Ampel Surabaya

0 4

Lokasi Masjid Sunan Ampel

Masjid ini terletak di Jalan Ampel Masjid No. 53 Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Masjid Sunan Ampel

Awalnya, bangunan masjid sunan ampel sekitar 2.069 meter persegi merupakan bangunan tajug tumpang dua dengan konstruksi kayu dan beratap genteng. Dalam bangunan induk juga terdapat bangunan menara yang menjulang tinggi ke atas. Di sekeliling bangunan induk ini terdapat bangunan serambi yang menurut catatan yang ada, merupakan bangunan perluasan pertama kali pada tahun 1870-1872. Pada serambi ini, dibuat dinding yang tinggi dengan pintu dan jendela yang besar yang mengisyaratkan bahwa usai renovasi tersebut, bangunan tersebut berlanggam Indische Empire.

Usai perluasan yang pertama kali tersebut, Masjid Sunan Ampel mengalami perluasan sebanyak tiga kali, yakni tahun 1926, 1954, dan 1972. Dan, sejak 1972 kawasan masjid ini telah ditetapkan menjadi tempat wisata religi oleh Pemkot Surabaya. Untuk menuju ke bangunan masjid, pada halamannya terdapat lima pintu gerbang (gapura. Di sebelah selatan, terdapat gapura Munggah dan gapura Poso. Gapura Madep berada di sebelah barat bangunan induk, dan dua lainnya, adalah gapura Ngamal dan gapura Paneksen.

 

Hingga kini, bangunan masjid ini masih terlihat kokoh. Dan kemegahannya mempesona siapa pun yang menyaksikan masjid tersebut. Sekarang, masjid ini diberi nama Masjid Agung Sunan Ampel. Masyarakat di sekitar masjid ini dahulunya adalah para santri dan anak cucu Sunan Ampel. Sekarang mereka telah berbaur dengan para pendatang lainnya. Meskipun begitu, mereka tetap memakmurkan masjid yang bersejarah ini. Keikutsertaan mereka dalam memakmurkan masjid tersebut merupakan wujud partisipasi dalam meneruskan perjuangan Sunan Ampel.

Mengenai Masjid Sunan Ampel sendiri ternyata ada dua. Masjid Ampel yang didirikan Sunan Ampel berukuran kecil dan terletak di sebelah timur. Masjid Ampel yang asli memiliki genting berwarna coklat tua dan terletak bersebelahan dengan Pasar cinderamata. Sedangkan Masjid Ampel yang baru memiliki genting bewarna merah cerah, berukuran lebih besar dan langsung berhadapan dengan pasar cinderamata.

Source Masjid Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.