Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas

0 31

Lokasi Masjid Agung Nur Sulaiman

Lokasi Masjid ini berada di Sudagaran, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Masjid ini merupakan  salah satu masjid tertua di wilayah Kabupaten Banyumas.

Sejarah Singkat Masjid Agung Nur Sulaiman

Berdirinya Masjid Besar Nur Sulaiman Banyumas, sekurang-kurangnya bersamaan dengan waktu berdirinya rumah Kabupaten dan pendopo Si Panji Banyumas. Didapat keterangan bahwa berdirinya rumah Kabupaten dan Pendopo Sipanji Banyumas adalah pada masa pemerintahan Bupati Banyumas VII ( ke-7 ) yang bernama KRA.Yudo Negoro II pada sekitar tahun 1725 sampai 1743 M. Masjid Besar Nur Sulaiman Banyumas didirikan oleh Nur Daiman I Demang dari Gumelem, dan menjadi Kyai / Juru da’wah sekaligus sebagai Penghulu  yang pertama kali bernama Nur Sulaiman, sehingga nama tersebut diabadikan menjadi nama Masjid tersebut.

Karakteristik Masjid Agung Nur Sulaiman

Serambi Masjid Nur Sulaiman Banyumas berukuran 11 x 22 meter yang terlihat bersih mengkilap. Dengan suhu yang terasa sejuk ketika kita berada di dalamnya. Sebuah bedug dengan berukuran besar diletakkan di sisi utara serambi. Pada dinding ada dua papan yang berisi informasi keadaan kas amal jariah. Selain itu juga terdapat jadwal petugas piket untuk sholat Jumat. Hal inilah yang menjadi pertanda keterbukaan pengelolaan keuangan yang baik. Sebuah pintu utama dan dua pintu pendamping untuk masuk ke ruang utama Masjid Nur Sulaiman. Ketiga pintu terdapat ornamen sederhana yang terkunci.

Source Masjid Agung Masijd Agung Nur Sulaiman Banyumas

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.