Masjid Agung Al-Makmur Lampriet Banda Aceh

0 6

Lokasi Masjid Agung Al-Makmur Lampriet

Masjid Agung Al-Makmur Lampriet terletak di Bandar Baru, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh.

Masjid Agung Al-Makmur Lampriet

Mesjid Al Makmur Lampriet merupakan salah satu dari sekian mesjid di Kota Banda Aceh. Mesjid itu sudah didirikan pada 1979 oleh masyarakat setempat secara swadaya sedikit demi sedikit dengan status sebagai masjid Agung bagi Kota Banda Aceh. Dulu kawasan Lampriet merupakan komplek pegawai pemerintahan yang sempat diduduki oleh penjajah Belanda dan dijadikan tanah erpah. Ketika gempa dan tsunami melanda Aceh 26 Desember 2004, kondisi mesjid tersebut runtuh dan rusak total. Sejumlah orang berpendapat mesjid itu tidak layak lagi digunakan.

Menurut Muhammad Razali, Imam besar Mesjid Agung Lampriet, Proses pembangunan mesjid itu dimulai pada tahun 1979 dengan peletakan batu pertama oleh Prof A Madjid Ibrahim. Awalnya diberi nama Masjid Baitul Makmur oleh tengku H Abdullah Ujong Rimba yang saat itu adalah imam besar mesjid ini sekaligus sebagai Ketua MUI masa itu. Nama masjid ini kemudian diganti lagi menjadi Masjid Al-Makmur.

Digantinya nama masjid ini dari ‘Baitul Makmur’ Menjadi Al-Makmur, salah satunya adalah karena Baitul Makmur itu artinya ‘Arasy Allah’ yang berada di aras. Baitul Makmur hanya ada di aras, sedangkan di dunia ini tidak ada. Itu sebabnya kemudian disepakati diubah namanya menjadi Al Makmur. Pergantian nama ini dilakukan pada tahun 1980-an, sesudah mesjid berdiri.

Source Masjid Agung Al-Makmur Lampriet Banda Aceh Aceh

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.