Klenteng Boen Tek Bio Tangerang

0 15

Lokasi Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio terletak di Jalan Bhakti No. 14 Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Sejarah Singkat Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio diperkirakan berdiri sekitar tahun 1684 oleh para penduduk Kampung Petak Sembilan secara bersama-sama. Pertama berdirinya bentuk bangunan sederhana dari bangunan semi permanen. Ketika awal abad ke-17 mengalami perubahan terhadap bangunan klenteng karena jalur perdagangan sekitar wilayah Sungai Cisadane mulai ramai. Perubahan terus terjadi hingga bentuknya yang sekarang. Nama “Boen Tek Bio” memiliki arti secara arfiah, yaitu Boen (benteng), Tek (kebajikan), dan Bio (rumah ibadah). Secara keseluruhan berarti tempat atau wadah bagi kaum sastrawan yang memiliki kebijaksanaan.

Bangunan Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio didirikan dengan luas bangunan ± 2.955 m² dan bangunan utama pemujaan seluas 1.655 m². Denah bangunan berbentuk persegi panjang dan konstruksi bangunan peribadatan ini terbuat dari kayu. Bangunan ini menghadap ke selatan dengan dua gerbang untuk masuk dan keluar pengunjung. Selain itu, di belakang bangunan utama terdapat bangunan tambahan/baru dengan pintu masuk menuju bangunan baru berupa pintu paduraksa yang terdapat hiasan stupa di atasnya.

Bagian bangunan utama terbagi dalam teras, ruang tengah dan ruang utama. Pada bagian teras terdapat altar yang bersegi delapan dari bahan kayu dan terukir hiasan di kaca di bidang altar. Ukiran tersebut berisi 3 cerita yang intinya mengisahkan tentang bhakti kepada orangtua, tanah air dan Tuhan serta pada bagian kaki terdapat ukiran angka tahun, yaitu tahun 1504 (tahun dibuatnya). Altar ini digunakan untuk meletakkan hiolo kecil yang terbuat dari kuningan dengan hiasan qilin pada gagangnya.

Bedug yang terletak di sisi barat daya teras terbuat dari bahan kayu dengan kulit di bagian pemukulnya. Bagian badan bedug terdapat hiasan motif naga dan awan dengan warna bervariasi, yaitu merah, biru, hijau, dan merah.

Source Klenteng Boen Tek Bio Tangerang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.