Kelenteng Talang Cirebon

0 5

Lokasi Kelenteng Talang

Kelenteng Talang terletak di Jl. Talang No. 2 Cirebon, Jawa Barat.

Kelenteng Talang

Konon Kelenteng Talang ini sebelumnya bernama Sam Po Toa Lang. Toa-Lang artinya adalah orang-orang besar. Nama itu diambil untuk menghormati tiga tokoh besar muslim utusan dinasti Ming yang pernah singgah di Cirebon, yaitu Laksamana Cheng Ho, Laksamana Kung Wu Ping, dan Laksamana Fa Wan.

Tulisan yang berada di atas pintu gerbang Kelenteng Talang, yang menunjukkan bahwa Kelenteng Talang adalah sebuah Kelenteng Konghucu. Ada sebuah tulisan pada papan yang menempel pada dinding Kelenteng Talang yang berbunyi “Di dunia ini ada dua hal yang susah, memanjat langit itu susah, meminta bantuan orang lain lebih susah. Dalam kehidupan manusia ada dua hal yang pahit, buah Huang-lian itu pahit, hidup orang miskin lebih pahit. Di dunia ini ada dua hal yang rawan, dunia Kang-ouw itu rawan, hati manusia lebih rawan. Dalam kehidupan manusia ada dua hal yang tipis, kertas itu tipis, nurani manusia lebih tipis.”

Dunia Kang-ouw adalah dunia persilatan, istilah yang tidak asing bagi mereka yang hobi membaca cerita silat Cina karya Asmaraman Sukowati Kho Ping Hoo. Dunia Kang-ouw juga sering disebut dunia rimba hijau. Pintu masuk ke dalam Kelenteng Talang yang disebut “Pintu Memasuki Kebajikan”, dan di sebelah kiri bawah berbunyi “Kesusilaan”, dan di sebelah kanannya berbunyi “Cinta Kasih”

Sebuah silsilah yang menempel di tembok Kelenteng Talang yang sangat menarik perhatian. Papan di tembok Kelenteng Talang ini berisi silsilah dari Hayam Wuruk, Raja terbesar Kerajaan Majapahit, sampai ke pendiri Kelenteng Talang, Tan Sam Cay.

 

Source Kelenteng Talang Cirebon Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.