Gua Lawa Imogiri

0 12

Lokasi Gua Lawa

Gua Lawa terletak di Dusun Nogosari, Kalurahan Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY.

Gua Lawa

Gua Lawa disebut juga dengan nama Gua Nagasari atau Gua Nagabumi. Gua ini terletak di atas sebuah bukit. Menjadi satu dengan jajaran kaki Bukit Nawungan. Gua ini memiliki arah hadap ke barat daya. Kedalaman gua sekitar 60 meter. Tinggi mulut gua sekitar 7 meter sedangkan lebar mulut gua sekitar 12 meter. Gua ini memiliki pintu kayu yang menutupi seluruh mulut gua. Kalau kamu tertarik untuk mausk gua ini, kamu harus menemui juru kunci gua.

Di dalam gua telah dibangun lantai berbentuk persegi dengan ukuran sekitar 5 x 5 meter. Lantai ini digunakan untuk tempat istirahat pengunjung gua. Gua Lawa ini juga belum dilengkapi dengan penerangan yang memadai dan permanen. Guna keperluan penerangan gua dibutuhkan alat-alat penerangan seperti lampu obor.

Pada pagian sisi luar (dekat mulut gua) terdapat seonggok batu karang berbentuk menyerupai punggung penyu. Batu ini berwarna putih dengan diameter sekitar satu meter. Ketebalan hingga puncak sekitar 60 cm. Oleh orang setempat batu yang teronggok di tengah jalan pintu masuk ini dinamakan Watu Yuyu Kepi. Batu tersebut dinamakan demikian karena mungkin oleh orang setempat dianggap menyerupai bentuk kepiting. Kepiting dalam logat bahasa Jawa disebut sebagai yuyu. Sedangkan kepi mengandung makna sebagai yuyu yang jinak, yuyu yang memiliki kulit lunak dan bila dipecahkan cangkangnya akan mengeluarkan cairan putih.

Gua ini disebut Gua Lawa, soalnya di dalam gua ini banyak berdiam jenis binatang kelelawar. Kelelawar ini biasa hidup atau tidur bergelantungan di langit-langit gua. Karena saking banyaknya kelelawar yang ada, makanya di lantai gua banyak kotoran kelelawar.

Source Gua Lawa Imogiri Jogja

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.