Gereja Santo Yusuf Cirebon

0 5

Lokasi Gereja Santo Yusuf

Gereja Santo Yusuf terletak di Jalan Yos Sudarso No.20, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Gereja Santo Yusuf

Gereja Santo Yusuf Cirebon merupakan bangunan gereja katolik yang tertua di Jawa Barat, yang berdiri terlebih dahulu sebelum dibangunnya gereja di wilayah Bandung dan Jawa Barat lainnya. Bangunan aslinya kini hanya tinggal pada bagian depan gereja saja, sedangkan bagian lainnya merupakan bangunan lebih baru yang ditambahkan kemudian.

Menara Gereja Santo Yusuf Cirebon yang tak begitu tinggi berada di bagian tengah belakang bangunan, dengan sebuah lonceng tergantung di dalam ruangan cungkup yang ada puncaknya. Di atas menara terdapat batang penangkal petir, karena merupakan bagian tertinggi di gereja ini. Badan menara tertutup kayu yang dibuat bersusun seperti sisik.

Tulisan pada dinding depan Gereja Santo Yusuf Cirebon berbunyi “Ludovicus Theodores Gonzales, Commendator Ordinis Equestris S.Gregorii Magni, Hoc Templum Dei Aedificcavit, Anno DNI MDCCCLXXX”. Angka Rumawi 1880 itu merupakan tahun peresmian gereja, yang awalnya berupa Stasi yang dibangun pada 1878 dengan A.v. Moorsel SJ sebagai pastor stasi.

Gereja Santo Yusuf Cirebon ini konon dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Gaunt Slotez, namun tak ada informasi lanjutan tentang siapa arsitek ini dan gedung apa saja yang pernah ia rancang. Gereja Santo Yusuf Cirebon adalah salah satu dari sekian banyak gedung tua yang telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya Kota Cirebon.

Source Gereja Santo Yusuf Cirebon Jawa Barat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.