Gedung Pakuwon Salatiga

0 13

Lokasi Gedung Pakuwon

Gedung Pakuwon terletak di Jalan Brigjen Sudiarto nomor 1 Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Gedung Pakuwon

Gedung Pakuwon merupakan saksi sejarah Perjanjian Salatiga antara Raden Mas Sahid atau biasa disebut Pangeran Sambernyowo, Pakubuwono II, dan pemerintah Kolonial Belanda pada 17 Maret 1757. Perjanjian ini merupakan penyelesaian dari serentetan pecahnya konflik perebutan kekuasaan yang mengakhiri Kesultanan Mataram. Hamengkubuwono I dan Pakubuwono III melepaskan beberapa wilayahnya untuk Raden Mas Said (Pangeran Sambernyawa). Ngawen di wilayah Yogyakarta dan sebagian Surakarta menjadi kekuasaan Pangeran Sambernyawa.

Menerawang di Gedung Pakuwon sempat mengajarkan dinamika sistem pemerintahan di tanah perdikan Salatiga ini. Dari kabupaten yang dipimpin Bupati mulai dari Raden Ario Sosrowidjojo gilir gumanti hingga Raden Adipati Tjokrodipuro. Sistem beralih ke Kepatihan dari Patih pertama Raden Soemowidjojo hingga Patih terakhir Raden Soerohamidprojo. Sumber nama Bupati dan Patih: Salatiga Sketsa Kota Lama, karya Eddy Supangkat] Patilasan Gedung Kepatihan dengan pendapa khasnya dilestarikan sebagai kantor Polres Salatiga di sebelah Utara lapangan Pancasila. Sistem bergulir saatnya Salatiga dipimpin Assistent Resident berkebangsaan Belanda. Setelah Indonesia Merdeka, sempat menjadi Kotamadya hingga kini berstatus Kota Salatiga.

Perubahan zaman dan sistem pemerintahan tak mampu menghapus sejarah keberadaan rumah Akuwu. Semoga kemeranaan gedung Pakuwon ini segera beralih menjadi seri, menjadi pengingat bahwa pertikaian selalu menyusup di setiap kesempatan, menadah harap kesatuan dan persatuan senantiasa diperjuangkan.

Source Gedung Pakuwon Salatiga Jawa Tengah

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.