Gedung Jiwasraya Semarang

0 10

Lokasi Gedung Jiwasraya

Gedung Jiwasraya terletak di Jl Letjen S Parman No 29A Gajah Mungkur, Semarang, Jawa Tengah, 50231.

Gedung Jiwasraya

Kantor yang saat ini ditempati Gedung PT Jiwasraya Semarang merupakan bekas gedung Nederlandsch Indische Leven Sverzeking De Lifrente Maatschaapij (NIJJMI) yang dibangun di Kota Lama dengan arsiteknya bernama Thomas Karsten (arsitek beberapa bangunan di Kota Lama dan Candi Baru) pada tahun 1916-an. Gedung ini juga pernah digunakan sebagai kantor Balaikota Semarang pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Perusahaan ini berdiri dengan satu tujuan mulia, yaitu mendidik masyarakat merencanakan masa depan. Tanggal 31 Desember 1859 menjadi awal kiprah Jiwasraya di Indonesia yang lahir dengan nama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLMIJ). Dalam perjalanannya, perusahaan mengalami peleburan dengan sembilan perusahaan milik pemerintah kolonial Belanda lainnya dan satu perusahaan nasional. Pada tahun 1973 beralih menjadi perusahaan milik pemerintah Indonesia yang kini lebih dikenal sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sejarah Gedung Jiwasraya

Gedung Jiwasraya ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di kota Semarang, dulunya bekas gedung NILLMI (Nederlandsch Indische Leven Sverzeking De Lifrente Maatschaapij), arsiteknya bernama Herman Thomas Karsten pada tahun 1916-an. Bangunan tiga lantai ini memiliki elevator yang diyakini sebagai yang tertua di Indonesia. Gedung ini juga pernah digunakan sebagai kantor Balaikota Semarang pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Source Gedung Jiwasraya Semarang Jawa Tengah

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.