Candi Untoroyono Klaten

0 16

Lokasi Candi Untoroyono

Candi Untoroyono terletak di desa Kalangan Pedan Klaten, Jawa Tengah.

Candi Untoroyono

Candi Untoroyono ini dibangun oleh Pandita Mpu NabeReka Darmika Sandhy Yasa. Pada tanggal 19 Desember 2007. Seperti yg tertulis di depan pura. Tanah  yang ditempati bangunan Candi tersebut konon, dulunya merupakan sebuah tempat yang masyarakat bilang tanah “Jalmo moro Jalmo mati” yang artinya  tanah itu jangan di anggap enteng masalah  kengkeran dan gawatnya lokasi, jangankan manusia yang berani mencoba mendirikan bangunan rumah disitu, sedangkan hewan yang memakan rerumputan yang tumbuh dilokasi itu katanya, pasti akan mati. Jadi, tanah tersebut benar-benar tidak ada yang berani menjadikan hak milik seseorang.
Dalam proses pembuatan bangunan Candi Untoroyono harus melewati beberapa ritual yang memakan waktu cukup lama. Itupun tidak sembarang orang dapat melakukannya, karena munculnya rasa ragu yang dikarenakan takut nanti akan mendapatkan marah dari yang menempati dan yang menguasai lokasi tanah itu. Mati adalah sebuah kata akhir yang diterima oleh siapa yang berani melakukan tirakat di situ. Semua itu akan terjadi secara tidak kasat mata.
Bangunan Candi itu sudah berdiri megah diatas tanah perbatasan antara Desa Kalangan dengan Desa Karang wungu. Tapi tanah dan bangunan Candinya masih masuk hak Desa Kalangan. Cuma bangunan Candi tersebut berdekatan dengan perumahan warga Desa Karang wungu. Jadi, desa Kalangan lah yang berhak memiliki sebuah ASET bertaraf internasional itu.
Source Candi Untoroyono Klaten Klaten

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.