Candi Sumberwatu Sambirejo

0 13

Lokasi Candi Sumberwatu

Candi Sumberwatu berada di Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Candi Sumberwatu

Kondisi Candi Sumberwatu telah runtuh, hanya menyisakan beberapa komponen candi yang berserakan di sekitar sawah dan sebagian lagi terkumpul disatu titik. Komponen-komponen candi yang terkumpul tersebut oleh penduduk setempat dikenal sebagai Sumur Bandung. Dalam legenda yang berkembang, Sumur Bandung adalah tempat Raja Gupolo mengubur Bandung Bondowoso (tokoh dalam cerita rakyat Rorojonggrang).

Candi Sumberwatu

Bila diamati, komponen-komponen yang dijumpai di Candi Sumberwatu merupakan bagian-bagian dari setupa. Dengan demikian diperkirakan latar belakang keagamaan Candi Sumberwatu adalah agama Budha. Tentunya kenyataan ini berbeda dengan cerita rakyat Rorojonggrang yang berlatar belakang Agama Hindu. Menanggapi perbedaan tersebut, penulis kembalikan kepada para pembaca sekalian untuk menelaahnya.

Situs ini namanya hampir sama dengan situs Sumur Bandung yang berada di dusun groyakan. Dan dilatar belakangi oleh legenda Bandung Bondowoso yang dipendam didalam sebuah sumur oleh Ratu Boko dan dengan ksaktiannya ia berhasil melarikan diri. namun untuk situs sumur bandung yangberada di Dusun Sumberwatu ini kurang bisa dipastikan kebenarannya sebab menurut beberapa literatur yang menjelaskan tentang Ratu Boko ataupun Bandung Bondowoso.

Situs ini sendiri terbangun dengan berbahan dasar dari batu andersit hingga batu putih. kemungkinan batu-batu ini diambil dari gunung merapi ataupun batu di sekitar bukit prambanan ini. Di sekitar situs ini bahkan masih ditemui komponen batu-batu yang masih berserakan. Dan besar kemungkinan pula, selain satu Stupa induk ini, disekitar situs jaman dahulu juga terbangun sebuah atau beberap bangunan yang ukurannya lebih kecil dari Candi Stupa ini.

Source Candi Sumberwatu Sambirejo Yogyakarta

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.