Candi Pangkuan Brebes

0 5

Lokais Candi Pangkuan

Candi Pangkuan terletak di Cilibur, Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52276.

Candi Pangkuan

Candi pangkuan merupakan candi yang berupa batu lonjong seinggi 50 cm. Disekitar candi terdapat 40 makam yang tiga diantaranya adalah makam Kyai Wisnu, Kencna Wungu, dan Nyi Rantam Sari yang menurut legenda merupakan orang yang pertama kali menempati daerah brebes bagian selatan. Sejarah candi pangkuan tidak begitu jelas karena tidak ada simbol atau catatan sejarah yang ada pada candi.

Menurut legenda masyarakat sekitar candi pangkuan digunakan sebagai tempat upacara keagamaan masyarakat pada zaman kerajaan. Kawasan candi seluas empat hektar ini ditemukan oleh masyarakat pribumi sekitar tahun 1965. Saat ini candi pangkuan dijadikan objek wisata sejarah yang menawarkan keindahan hutan dengan pohon yang berumur ratusan tahun.

Daya Tarik Candi Pangkuan

Candi Pangkuan di Paguyangan Brebes Jawa Tengah merupakan tempat yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah paguyangan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Hal unik yang bisa di jumpai disini selain batu lonjong berukuran 50cm yaitu terdapatnya banyak kera wara-wiri di area ini, bahkan sampai ratusan. Namun jangan khawatir, sebab kera-kera disini sudah jinak, tidak menggigit.

Orang menyebutnya Candi Pangkuan ,dengan luas keseluruhan 4 hektar , ada batu lonjong di tenang lokasi yang tingginya 50 cm, disitu pula ada terdapat beberapa makam, yang semuanya ada 40 buah, tiga diantaranya adalah : makamm kyai wisnu, Makam Kencana Wungu, Makam Nyi Rantam Sari.

Fasilitas Candi Pangkuan

Di Candi Pangkuan terdapat beberapa fasilitas yang sangat memadai antara lain :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Penginapan
  • dan masih banyak lainya
Source Candi Pangkuan Brebes Jawa Tengah

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.